detikHot

music

Pertanyaan Kontemplatif Rendy Pandugo dan Matter Mos dalam 'Why'

Jumat, 20 Sep 2019 15:36 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Dok. Rendy Pandugo Foto: Dok. Rendy Pandugo
Jakarta - Dua tahun setelah merilis album 'The Journey' (2017), Rendy Pandugo keluar dari zona nyaman dengan membawa tema baru dalam single anyarnya.

Dalam lagu berjudul 'Why', Rendy Pandugo mengajak serta rapper Matter Mos untuk mempertanyakan arti cinta dan perdamaian dalam kehidupan.

Rendy pertama kali terpikir untuk menulis 'Why' saat menonton salah satu acara berita di televisi.

"Gue merasa, di luar sana dan di sekitar kita banyak banget kebencian yang tersebar. Perang masih banyak terjadi, masih ada pembunuhan massal yang mana orang-orang yang dibunuh juga nggak tahu apa-apa," ungkapnya.




Berangkat dari hal itu, Rendy mencoba menyederhanakannya dengan menghubungkan isu-isu tersebut pada hal-hal yang terjadi di keseharian.

"Gue akhirnya coba tarik, biar bisa lebih relate ke kehidupan sehari-hari, ternyata banyak banget hal-hal yang buat kita cukup nggak nyaman sebenarnya," jelas Rendy.

Menyimpan lagu tersebut cukup lama, akhirnya secara tidak sengaja, ia bertemu dengan Matter Mos di Bali. Saat itu keduanya sedang menunggu jadwal penerbangan di bandara.

Saat itulah Rendy berbincang dan mengajak Matter Mos bekerja sama untuk mengisi bagian rap dalam lagu tersebut.

"Dari awal, gue merasa, satu orang yang paling cocok adalah Matter Mos," kata Rendy. "Karena lirik rap gue isinya kebanyakan kontemplasi, pas gue pertama kali dengar 'Why', udah ada bayangan-bayangan karena pas banget," tambah Matter Mos.

Rendy Pandugo dan Matter MosRendy Pandugo dan Matter Mos Foto: Dyah Paramita Saraswati
Menyadari isu yang dibawanya terbilang berat dan baru untuk lagunya, dalam penulisan lirik, Rendy mencoba membuat lagunya menjadi sederhana.

"Gue mencoba mencari kalimat-kalimat yang terbilang ringin, gue nggak bisa memberikan bahasa-bahasa yang berat," ujarnya.

Pada penggarapan lagunya, Rendy Pandugo dibantu juga oleh Mikha Angelo dari The Overtunes sebagai produser.


Simak Video "Rendy Pandugo Bocorkan Sosok Cinta Pertamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com