Ini Awal Mula Jargon 'Cendol Dawet' yang Jadi Tren di Dangdut

Hanif Hawari - detikHot
Rabu, 18 Sep 2019 14:56 WIB
Halaman ke 1 dari 2
1.

Ini Awal Mula Jargon 'Cendol Dawet' yang Jadi Tren di Dangdut

Ini Awal Mula Jargon Cendol Dawet yang Jadi Tren di Dangdut
Foto: shutterstock
Jakarta - Jargon 'Cendol Dawet' sedang menjadi tren di musik dangdut. Mulai dari anak muda hingga orang tua menyukai jargon tersebut.

Bahkan, jargon 'Cendol Dawet' juga beberapa kali sering dilontarkan oleh para artis dangdut. Mulai dari Soimah, Ayu Ting Ting hingga terdengar di setiap Didi Kempot manggung.

Lantas, bagaimana sih awal mula jargon itu muncul?

Agus Purwanto atau akrab disapa Abah Lala mengklaim sebagai orang yang pertama kali mencetuskan jargon 'Cendol Dawet'. Berawal dari keresahannya dengan jargon-jargon porno di industri dangdut, seniman asal Boyolali yang juga pentolan orkes MG 86 itu akhirnya menelurkan 'Cendol Dawet'.




"Tujuan dari kata-kata cendol dawet sendiri kita buat itu untuk menghilangkan jargon-jargon di kalangan irama dangdut yang dikiranya menurut saya kurang pas dan tidak sopan untuk ditirukan oleh anak-anak," kata Abah Lala kepada detikHOT, saat ditemui di Studio Trans 7, Kapten Tendean, Jakarta Selatan.

"Apalagi di sini saya punya niat untuk musik dangdut itu selalu dicintai oleh kalangan anak-anak, asyik. Ibu-ibu, oke. Tante-tante juga keren. Om-om juga ganteng, mas-mas juga enjoy. Jadi biar ini nanti semua kalangan masuk untuk bisa menikmati cendol dawet," sambungnya.