detikHot

music

Ariana Grande Kesal Dicecar Peringkat Tangga Lagu oleh Netizen

Senin, 16 Sep 2019 13:10 WIB Dicky Ardian - detikHot
1 YouTube Ubah Kebijakan
Halaman 2 dari 2

Belakangan, berbagai cara memang dilakukan para musisi untuk bisa mendapatkan hasil maksimal dari perilisan lagunya. Di YouTube misalnya, penayangan 24 jam selalu menjadi tolak ukur.

Padahal, banyak musisi besar menggunakan fitur iklan demi meraih angka tinggi pada 24 jam pertama perilisannya. Hal itu akhirnya membuat YouTube mengambil langkah untuk mengubah kebijakan menjadi angka organik yang tercatat pada setiap debut musik.

"Tujuan kami adalah untuk memastikan YouTube tetap menjadi tempat di mana semua artis secara akurat diakui dan dirayakan untuk mencapai kesuksesan," kata YouTube seperti dilansir Variety.

Perubahan tersebut dirancang untuk memberikan lebih banyak transparansi kepada industri. Terlebih kebijakan itu juga sejalan dengan lembaga seperti Billboard dan Nielsen.

Rekor viewers selama 24 jam saat ini masih dipegang oleh grup K-pop BTS dengan raihan 74,6 juta dalam 24 jam pertama pada April 2019. Itu diikuti oleh Taylor Swift yang ditonton 65,2 juta kali. Blackpink dengan 56,7 juta dan Ariana Grande yang disaksikan sebanyak 55,4 juta kali.

Kebijakan tersebut muncul setelah ada rapper asal India, Badshah 'Paagal' yang berhasil melampaui rekor yang dicetak BTS dengan 75 juta kali ditonton dalam 24 jam setelah ditayangkan pada 10 Juli 2019. Namun YouTube menolak untuk memberikan penghargaan kepada sang musisi karena dianggap telah didorong oleh iklan berbayar.

(dar/nu2)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com