detikHot

music

Chrisye: Semangat Bermusik Saya Tak Pernah Mati

Senin, 16 Sep 2019 11:50 WIB Dicky Ardian - detikHot
Chrisye Foto: dok detikcom Chrisye Foto: dok detikcom
Jakarta - Sederet hits pernah dilahirkan, banyak penghargaan yang diraih. Bahkan ketika sudah tiada, musiknya tidak pernah mati.

Hal itu juga pernah diutarakan Chrisye di autobiografinya, ""Semangat bermusik saya tidak akan pernah mati."

Hingga saat ini, begitu banyak karya Chrisye akhirnya dinyanyikan ulang oleh beberapa musisi. Hal itu membuktikan lirik-lirik yang dibuatnya tak lekang oleh zaman.

Salah satu penyanyi yang mendaur ulang lagu Chrisye adalah Afgan. Ia sukses membawa 'Panah Asmara' mendarat tepat sasaran ke hati penikmat musik. Bahkan beberapa orang tidak tahu lagu itu adalah milik Chrisye.

Hal yang sama juga dilakukan oleh D'MASIV. Berada satu label dengan Chrisye membuat mereka punya jalan yang lebar untuk mendaur ulang 'Pergilah Kasih'.




Lagu tersebut sempat populer pada pada 1989, dan merupakan hits dari album dengan nama yang sama.

Punya jenis suara yang jauh berbeda dengan Chrisye tak membuat Sandhy Sondoro takut membawakan lagu sang legenda. Sandhy mencoba membawakan 'Anak Jalanan'.

'Anak Jalanan' tenar pada 1996 dan masuk dalam album 'Akustichrisye'. Sandhy memberikan warna baru dalam lagu tersebut.

Pada 1999, mendiang Chrisye menuai sukses besar saat merilis ulang album 'Badai Pasti Berlalu' yang pertama kali muncul pada era '70-an. Pada era 2000-an, film 'Badai Pasti Berlalu' di-remake, dan Ari Lasso didaulat untuk mengisi soundtrack repackage-nya.

Saat membawakan lagu tersebut, Ari tetap dibayangi dengan kesuksesan Chrisye. Meski begitu, lagu tersebut bisa dengan baik dibawakan oleh mantan vokalis Dewa 19 itu.




Lagu Chrisye ciptaan Guruh Soekarno Putra juga didaur ulang oleh Sheryl Sheinafia. 'Setia' menurut Sheryl punya tantangan menarik untuk dibawakan.

"Di satu sisi it's really challenging karena ini lagu dari tiga legenda, Guruh Soekarno Putra, Chrisye bersama Erwin Gutawa yang dulu aransemen lagunya," ujarnya pada detikHOT belum lama ini.


Simak Video "Cara Google Rayakan Ulang Tahun Chrisye ke-70"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com