detikHot

music

Tangga Lagu Billboard Bakal Hadir di Indonesia

Rabu, 11 Sep 2019 17:50 WIB Dicky Ardian - detikHot
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Sejak lama, tangga lagu Billboard selalu menjadi tolak ukur sebuah karya musik. Sebentar lagi, chart itu akan masuk ke Indonesia.

Nantinya tabulasi popularitas karya musik para musisi akan dilakukan mingguan. Aldo Sianturi, Chief Operating Officer Billboard Indonesia, menyebut proses itu akan dilakukan setransparan mungkin.

"Tangga lagu Indonesia pernah ada pada sebuah masa. Kita cukup lama tidak memiliki barometer di satu negara. Kami berinisiatif menghidupkannya dengan bendera Billboard tangga lagu Indonesia sebagai penanda lagu jawara pada sebuah teritori," ujarnya kepada wartawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.




Billboard Indonesia akan bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait seperti ASIRI (Asosiasi Industri Rekaman Indonesia). Ia memastikan pihaknya tidak punya kepentingan sehingga hasil yang dimuat nanti benar-benar akurat dan transparan.

"Ahli matematika dari ITB kita libatkan. Kita punya akurasi dan transparansi karena chart ini tujuannya untuk refleksi wajah industri musik sendiri," pungkas Aldo Sianturi.

Tangga lagu itu akan diluncurkan pada 25 September 2019.



Simak Video "Drake Menang Besar, Ini Daftar Lengkap Pemenang BBMA 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com