detikHot

music

Podcast Bukan Saingan dari Radio?

Minggu, 08 Sep 2019 16:02 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Pool (mentalfloss) Foto: Pool (mentalfloss)
Jakarta - Belakangan podcast kian ramai menjadi pilihan untuk mencari informasi dan hiburan. Banyak yang mengira, podcast akan menggantikan peranan radio.

Akan tetapi menurut Music Director Jak FM, Ilham Fahrie, hal tersebut belum tentu berlaku karena radio dan podcast merupakan hal yang berbeda.

Memang keberadaan podcast menjadi tantangan tersendiri untik radio karena pendengar akan lebih banyak memiliki pilihan. Namun tetap ada beberapa pembeda yang nantinya kedua platform tersebut akan menjadi pilihan, bukannya sebagai pengganti.

"Sebenarnya dengan adanya podcast, semakin banyak channel, semakin banyak alternatif yang bukan radio lagi. Ini memang akan menjadi tantangan untuk radio memang, tapi radio ya juga harus beradaptasi, tren ini harus kita rangkul," kata Ilham pada detikHOT.




Salah satu perbedaannya adalah terletak pada cara informasi disajikan. Radio memberikan berita secara singkat serta pilihan lagu yang terkurasi sesuai dengan segmentasi pendengar.

Sedangkan podcast menyajikan sebuah topik dengan lebih mendalam dalam durasi yang relatif lama.

"Lagipula ada perbedaan hal, kalau di podcast yang menyenangkan karena dia bisa mendengarkan aoa yang dia mau. Kalau di radio, ada element of suprise-nya, kira-kira informasinya apa," ujar Ilham.

"Terus tidak sepanjang podcast dengan info dan perspektif yang sama. Kalau podcast kan mungkin 30 menit hingga satu jam. Jadi lebih kepada banyak pilihan aja," sambungnya.


Simak Video "Rambah Dunia Podcast, Leila Chudori Bahas Dunia Literasi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com