Dengar Podcast Lebih Dalam

Podcast Si Pendatang Baru yang Digandrungi

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 08 Sep 2019 08:47 WIB
Foto: Frazer Harrison/Getty Images
Jakarta - Pernah mendengar podcast? Belakangan, podcast menjadi pilihan untuk mencari informasi dan hiburan.

Podcast bisa dipandu atau diasuh oleh siapapun. Konten yang dibuat pun beragam, ada yang berbicara mengenai keseharian, musik, cinta, motivasi, hingga obrolan remeh temeh yang mengundang tawa.

Berbeda dengan vlog yang menjadikan video sebagai sarana untuk menyampaikan informasi dalam konten, podcast menyampaikan kontennya lewat audio.




Nama podcast muncul sebagai gabungan dari 'ipod' dan 'broadcast'. Kata itu pertama kali dicetuskan oleh Ben Hammersley pada 2004.

The BackStage Pass yang dipandu oleh Matt Schichter atau yang kemudian dikenal sebagai Matt Schichter Interviews dipercaya sebagai podcast pertama.

B.B. King, Third Eye Blind, Gavin DeGraw, The Beach Boys, hingga Jason Mraz pernah menjadi bintang tamu dalam musim pertamanya.

Mantan VJ MTV, Adam Curry, juga disebut-sebut sebagai orang pertama yang datang dengan ide untuk menyampaikan gagasan, berita, diskusi, maupun informasi lewat format audio.

Pada era awal kemunculan podcast, Adam Curry juga memiliki program bernama Daily Source Code.




Kini podcast berkembang pesat, termasuk di Indonesia. Hal itu disambut baik oleh Adriano Qalbi pemilik Podcast Awal Minggu, atau sosok yang kerap disebut sebagai salah satu pemilik podcast pertama di Indonesia.

"Seperti medium baru lainnya, ini (podcast) nggak bisa didobrak sendiri, harus bareng-bareng. Semakin banyak kan semakin menyenangkan," katanya pada detikHOT.

Hari ini, detikHOT akan membahas serba serbi mengenai podcast. Tunggu kelanjutan artikelnya hanya di detikHOT!

Simak Video "Podcast Spotify Dianggap Gagal, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/nu2)