detikHot

music

7 Fakta LANY, Grup Musik yang Konsernya Mendadak Batal

Rabu, 14 Agu 2019 14:00 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
7 Fakta LANY, Grup Musik yang Konsernya Mendadak Batal Foto: LANY (Instagram) 7 Fakta LANY, Grup Musik yang Konsernya Mendadak Batal Foto: LANY (Instagram)
Jakarta - Band indie pop asal Amerika Serikat, LANY, dijadwalkan untuk konser di Jakarta pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2019. Kedua konser tersebut akan berlangsung di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Tapi, konser hari pertama LANY pada Selasa (13/8/2019) mendadak dibatalkan oleh promotor konser, Vizionvibe, karena alasan keamanan dan kesehatan. Penonton yang sudah menunggu-nunggu untuk memasuki venue pun sempat ricuh karena pengumuman pembatalan yang sangat mendadak.



Lantas, bagaimana serba-serbi di balik band LANY? Bagaimana kronologi gagalnya konser mereka di Jakarta? Simak fakta-fakta berikut yang dirangkum detikHot dari berbagai sumber.

1. Terbentuk Tahun 2014

LANY dibentuk pada bulan Maret 2014 ketika vokalis Paul Jason Klein yang saat itu bersolo karier bertemu dengan kedua temannya Jake Goss dan Les Priest di Nashville, Tennessee. Sebelumnya, Goss dan Priest telah memiliki proyek band bernama WRLDS tapi dibubarkan setelah dibentuknya LANY.

2. Asal-usul Nama LANY

Nama LANY merupakan akronim dari "Los Angeles New York". Klein menjelaskan nama tersebut dipilih karena mereka ingin menamai band mereka dengan kata yang terdiri dari empat huruf karena alasan aestetik dan desain.

Tapi karena banyak kata-kata tersebut sudah diambil, mereka pun beralih menuju akronim. Klein kemudian berpikir bagaimana Amerika Serikat membentang dari Los Angeles hingga New York, sehingga mereka memilih nama LANY.

3. Rilis Dua Album

Sejak berdiri lima tahun yang lalu, LANY telah merilis dua album di bawah label musik Polydor. Album pertama mereka berjudul "LANY" yang rilis pada 30 Juni 2017.

Sedangkan album kedua mereka berjudul "Malibu Nights" yang rilis pada 5 Oktober 2018. Konser mereka di Jakarta saat ini merupakan bagian dari tur dunia untuk mempromosikan album Malibu Nights.

4. Menjadi Band Pembuka Musisi Ternama

Di awal karier mereka, LANY sempat menjadi band pembuka musisi-musisi ternama. Sebut saja Halsey, Ellie Goulding, Troye Sivan dan John Mayer.



5. Konser Ketiga di Indonesia

Ini merupakan kali ketiga LANY berkonser di Jakarta. Sebelumnya, mereka datang untuk tampil di We The Fest 2017 dan menggelar konser di The Pallas pada Maret 2018.

6. Kronologi Pembatalan Konser LANY

Berdasarkan informasi yang diunggah di akun Instagram promotor Vizionvibe, konser hari pertama LANY pada Selasa (13/8/2019) dijadwalkan mulai pada pukul 19.00 WIB dan pintu menuju hall dibuka pada pukul 17.30 WIB.

Tapi, hingga pukul 20.15 WIB, pintu masuk ke dalam hall tempat berlangsungnya konser belum kunjung dibuka. Penonton pun mulai kelihatan tidak sabar dan mulai bersorak.

Lewat akun Instagram, promotor Vizionvibe mengumumkan bahwa pintu akan dibuka pukul 19.00 WIB. Tapi tidak lama kemudian, Vizionvibe mengumumkan bahwa konser hari pertama terpaksa dibatalkan karena isu kesehatan dan keamanan di venue.

7. Konser Hari Pertama Digeser

Konser hari pertama LANY yang terpaksa dibatalkan oleh promotor diganti menjadi hari Rabu (14/8/2019). Pelantun lagu "Super Far" ini akan tampil dua kali dalam satu malam.

Konser pertama akan dimulai pada pukul 18.00 WIB dan ditujukan untuk pemegang tiket konser hari pertama. Sedangkan pertunjukan kedua akan berlangsung pada pukul 22.00 WIB untuk pemegang tiket konser hari kedua.


Simak Video "Waduh! Konser LANY Hari Pertama di Jakarta Mendadak Batal"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed