detikHot

music

'Shallow' Dituding Plagiat, Lady Gaga Sebut Ada yang Cari Uang Instan

Senin, 12 Agu 2019 12:04 WIB Dicky Ardian - detikHot
Lady Gaga dan Bradley Cooper Foto: REUTERS/Mike Blake Lady Gaga dan Bradley Cooper Foto: REUTERS/Mike Blake
Jakarta - Kasus dugaan plagiarisme kembali mencuat. Setelah Katy Perry yang akhirnya divonis plagiat, kini ada Lady Gaga yang tengah berjuang membantah tuduhan itu.

Tuduhan tersebut dilayangkan oleh seorang penulis bernama Steve Ronsen. Ia menilai lagu 'Shallow' dari Lady Gaga dan Mark Ronson sebagai produser sudah mencuri karyanya.

"Banyak yang mengatakan kepadaku 'Shallow' secara suara mirip dengan milikku. Aku tidak mengeceknya, aku belum menonton film tersebut ('A Star Is Born')," kata Ronsen dikutip dari ET.

"Aku mengagumi Lady Gaga dan aku ingin membahas ini. Ada penulis lainnya yang menulis lagu 'Shallow', termasuk Mark Ronson. Aku sudah mendapatkan seorang ahli musik yang juga setuju lagunya mirip," lanjutnya.




Secara spesifik, Ronsen menyebut kedua musisi tersebut mengambil progresi tiga not yang sama dari lagunya, 'Almost'. Ia bahkan sudah melancarkan ancaman untuk memperkarakan masalah tersebut ke pengadilan kepada Lady Gaga dan Mark Ronson.

"Aku hanya membahas hal ini bagaimana orang lain akan menyelidiki kemungkinan adanya pelanggaran (hak cipta)," katanya.

Melalui kuasa hukumnya, Orin Snyder, Lady Gaga membantah tudingan tersebut. Pihaknya mengatakan 'Shallow' sama sekali tidak menyontek apapun dari karya Ronsen.

"Tuan Ronsen dan pengacaranya sedang mencoba mendapatkan uang dengan mudah dari kesuksesan seorang musisi. Itu memalukan dan salah," ucap Snyder.

"Aku memuji Lady Gaga karena memiliki keberanian dan integritas untuk membela seniman sukses yang mendapati diri mereka berada pada tudingan klaim oportunistik seperti ini," lanjutnya.

Video: ''Shallow'' Disebut Plagiat, Lady Gaga Buka Suara

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, Snyder optimis kliennya akan menang dalam kasus ini. Ia berjanji akan berjuang membantah tuduhan tersebut.

"Bila Tuan Mark Shirian (pengacara Ronsen) melanjutkan kasusnya, Lady Gaga akan berjuang dengan keras dan menang," Snyder sesumbar.

Lady Gaga menulis 'Shallow' bersama dengan Mark Ronson. Ia merilisnya pada 2018 dengan berduet bersama Bradley Cooper untuk film 'A Star Is Born'.

Berkat lagu tersebut, Lady Gaga memeroleh piala Oscar dan Grammy Awards sekaligus.
(dar/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com