detikHot

music

Iwan Fals hingga Once Daur Ulang 'Ibu Pertiwi' untuk 'Bumi Manusia'

Kamis, 25 Jul 2019 22:15 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Once, Iwan Fals, dan Fiersa Bersari (Dyah P Sarawati/detikHOT) Foto: Once, Iwan Fals, dan Fiersa Bersari (Dyah P Sarawati/detikHOT)
Jakarta - 'Ibu Pertiwi' yang ditulis oleh Ismail Marzuki dinyanyikan kembali oleh tiga penyanyi pria lintas generasi, yakni Iwan Fals, Once Mekel, dan Fiersa Besari.

Lagu tersebut menjadi lagu untuk film 'Bumi Manusia' yang tayang di bioskop mulai 15 Agustus 2019.

Purwacaraka didapuk untuk menggarap aransemen dari 'Ibu Pertiwi' versi baru.

"Kami awalnya kami sepakat untuk tidak memberikan soundtrack di film ini, karena film ini diangkat dari karya sastra yang besar dan kami tidak ingin merusaknya dengan soundtrack yang cinta-cintaan," jelas produser Frederica ditemui di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2019).

"Tapi 'Ibu Pertiwi' ini terasa pas, karena ini karya sastra terbaik makanya kami memang ingin memberikan yang terbaik. Terus munculah nama Once, Iwan Fals dan Fiersa dari tiga generasi," sambungnya.

Meski awalnya enggan menggunakan soundtrack untuk filmnya, ide untuk mendaur ulang lagu wajib nasional itu justru muncul dari Hanung Bramantyo selaku sutradara film tersebut.



Ide itu datang saat Hanung tengah mendengarkan lagu di YouTube dan merasa lirik lagu tersebut pas untuk dipadankan dengan filmnya.

"Saya merasa 'Bumi Manusia' mood-nya tentang Ibu Pertiwi yang sedang bersusah hati karena hukumnya sangat rasis, pribumi diperlakukan diskriminatif," jelas Hanung.

Dengan adanya tiga penyanyi dalam lagu tersebut, Purwacaraka mengaku merasa diuntungkan. Sebab tiga penyanyi yang telibat memiliki warna suara yang berbeda antara satu dengan lainnya.

"Kang Iwan suaranya bagus di nada rendah, Fiersa ada di rata-rata, dan Once di (nada) tinggi. Jadi untungnya saya punya segala range vokal untuk lagu ini," kata Purwacaraka.

'Bumi Manusia' merupakan film yang diadaptasi dari novel karya penulis kenamaan Pramoedya Ananta Toer. Novel tersebut merupakan buku pertama dari tetralogi Pulau Buru.

Iqbaal Ramadhan (sebagai Minke), Sha Ine Febrianty (sebagai Nyai Ontosoroh) dan Mawar Eva De Jongh (sebagai Annalies) menjadi bintang dari film tersebut.




Iwan Fals hingga Once Daur Ulang 'Ibu Pertiwi' untuk 'Bumi Manusia'



Simak Video "Pilih Iwan Fals Cs Nyanyi ''Ibu Pertiwi'', Hanung: Mereka Legenda"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com