detikHot

music

Dari Band Kawinan Kini Sabyan Jadi Grup Gambus Paling Populer

Senin, 24 Jun 2019 14:10 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Sabyan. Foto: Muhammad Ridho Sabyan. Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Sabyan menjadi salah satu grup musik gambus paling populer saat ini. Setelah Tebe (biola) dan Anis (vokal) hengkang, kini Sabyan berjalan dalam formasi Nissa (vokal), Ayus (kibor), Wawan (perkusi) dan Kamal (darbuka).

Meski kini dikenal sebagai grup musik gambus, akan tetapi awalnya Sabyan merupakan band yang kerap tampil di acara pernikahan. Pertemuan Sabyan dengan Nissa yang kini menjadi vokalisnya juga tak lepas dari acara pernikahan.

Saat itu mereka tengah tampil di Bekasi. "Saya, Wawan, dan Kamal, kami diundang nah vokalisnya Nissa," cerita Ayus sembari mengenang.

Berangkat dari perkenalan tersebut, lima bulan setelahnya, barulah Nissa didapuk sebagai vokalis dari band tersebut.

Setelah melengkapi formasi, Sabyan akhirnya mulai membenahi sosial media mereka. Mereka mulai mengunggah sejumlah lagu di YouTube dan Instagram. Tak disangka, dari situ awal ketenaran mereka bermula.

Pada mulanya Sabyan belum fokus menyanyikan lagu-lagu gambus dan shalawat. Mereka juga turut membawakan sejumlah lagu pop.

Video: Semangat Sabyan Gambus Dibalik Film ''Sabyan Meraih Mimpi''

[Gambas:Video 20detik]



Seiring berjalannya waktu, ternyata lagu gambus dan shalawat menjadi yang paling banyak diminati.

"Ternyata orang tuh lebih suka kami membawakan lagu-lagu salawat. Sampai akhirnya kami putuskan, kami jalan di jalur ini saja," terang Ayus.

Walau kini fokus pada lagu-lagu shalawat, akan tetapi Sabyan menolak disebut berdakwah lewat musiknya.

"Memang kami basic-nya di gambus, ini tuh kami sebenarnya musisi biasa, bukan pendakwah, tapi karena banyak permintaan, yuk bawain lagu shalawat," jelas Ayus lagi.

Sejak berfokus di lagu-lagu gambus dan shalawat itulah perlahan nama Sabyan mulai meroket. Pada bulan Ramadhan 2018, mereka menjadi begitu popular lewat YouTube hingga akhirnya dikenal seperti saat ini.
(srs/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com