detikHot

music

Menelisik Laju Karier Setelah Ajang Pencarian Bakat

Jumat, 14 Jun 2019 17:08 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Ilustrasi musik. Foto: Getty Images Ilustrasi musik. Foto: Getty Images
Jakarta - Ajang pencarian bakat menjadi salah satu acara yang ramai digelar oleh berbagai stasiun televisi. Ada masanya acara tersebut begitu mahsyur hingga hampir seluruh stasiun televisi menawarkan program serupa.

Acara tersebut dikemas dengan berbagai wajah, mulai dari pencarian penyanyi, kompetisi memasak, audisi pelawak, dan lain-lain.

Meski mengalami pasang surut, namun nyatanya ajang pencarian bakat masih awet menghiasi layar kaca hingga kini. Pencarian penyanyi adalah salah satu jenis yang paling diminati.

Tak hanya menampilkan proses karantina dan perjalanan karier penyanyi dari yang bukan siapa-siapa hingga dikenal khalayak, ajang pencarian bakat tarik suara juga menyuguhkan hiburan berupa konser mingguan.

Adanya konser adu talenta lengkap dengan drama dari komentator yang pedas menjadi sajian yang dinantikan setiap minggunya.

Namun bagaimana nasib para jebolan ajang pencarian bakat setelah acara itu rampung? Tentunya tak semua bernasib sama. Ada yang menjadi begitu popular dan mampu mempertahankan kariernya, namun ada pula yang berakhir dilupakan oleh penggemarnya.

Ahmad Abdul, penyanyi jebolan ajang Indonesia Idol 2018, kini telah memiliki setidaknya tiga single, yakni 'Yang Terbaik', 'Bukan Cintaku' dan 'Coming Home'.

"Setelah ajang pencarian bakat, aku sudah punya tiga single. Salah satunya lagu kemenangan dari ajang pencarian bakat kemarin itu. Sudah keliling-keliling juga di Indonesia ke kota-kota yang belum pernah dikunjungin juga buat perform," ceritanya saat dihubungi detikHOT melalui sambungan telepon, Jumat (14/6/2019).

Ahmad Abdul. Ahmad Abdul. Foto: Muhammad Ridho


Pengalaman mimpi menjadi nyata itu rupanya juga dirasakan oleh Lesti Andryani atau Lesti Kejora. Selepas mengikuti Dangdut Academy, ia mengaku hidupnya berubah drastis.

"Bersyukur lah masih berasa mimpi, sampai detik ini pun menjadi seorang penyanyi yang dikenal banyak orang," ungkapnya dihubungi detikHOT pada Jumat (14/6).

Memang tak semua penyanyi jebolan ajang pencarian bakat lantas bisa sukses dan memperoleh karier gemilang di industri musik. Tak sedikit yang kemudian dilupakan setelah menikmati ketenaran sesaat.

Lesti. Lesti. Foto: deHakims/ istimewa


Akan tetapi, baik Ahmad Abdul maupun Lesti mengaku tak gentar. Bagi mereka, selama masih bisa berkarya, mereka yakin tak akan terlupakan.

"Kalau aku sih lebih ke karya aja, tetep berkarya aja, nggak pernah berhenti bikin lagu, bikin lagu. Lebih baik bertahan aja," ucap Ahmad Abdul.

Bagi Lesti, ia selalu mengingat keinginan alasan awal yang mendasari mengapa ia mengikuti Dangdut Academy pertama kali. Alasan itu yang terus ia pegang agar dapat serius berkarier.

"Karena keinginan Lesti menjadi penyanyi yang berkualitas dan jadi penyanyi yang baik dan benar, pada akhirnya Bapak (orang tuanya) dan Lesti memutuskan untuk ikut kompetisi. Mana tahu ini jalan untuk mencapai cita-cita," ujarnya.
(srs/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed