detikHot

music

Bernyanyi soal Persatuan, Iwan Fals Ungkap Kegelisahan Lewat Lagu

Jumat, 24 Mei 2019 12:03 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Iwan Fals. Foto: Dicky Ardian Iwan Fals. Foto: Dicky Ardian
Jakarta - Iwan Fals menjadi salah satu musisi yang terlibat dalam proyek musik 'Indonesia Damai'. Ia turut gelisah dengan kondisi bangsa Indonesia akhir-akhir ini.

Terlebih setelah adanya peristiwa aksi 22 Mei 2019 di kantor Bawaslu dan beberapa tempat di Jakarta, yang berakhir ricuh.

Melihat hal itu, Iwan Fals merasa perlu berbicara untuk mengungkapkan kegelisahannya. Akan tetapi sebagai musisi, ia lebih suka bicara lewat lagu.

"Damai itu persoalan dasar ya. Gimana kita mau bisa kerja kalau dasar kita nggak kuat. Saya juga ingin ngomong, tapi kita sebagai penyanyi, kita bisa ngomong kegelisahan kita pada anak-anak kita lewat lagu," ujarnya saat ditemui di studio Musica, Pancoran, Jakarta Selatan.



Iwan Fals lalu mengenang momen saat dirinya menyanyikan lagu 'Kemesraan' pada era 1980-an. Menurutnya lagu terebut bisa menjadi pengingat untuk dapat selalu mesra meski berseberangan pendapat.

"Berarti memang harus diingetin terus soal 'Kemesraan'. Agar kita serius nih mesranya, perdamaiannya serius," ucapnya.

Pelantun 'Bento' itu pun menyayangkan, apabila rakyat Indonesia terus menerus berselisih pendapat hanya karena kontestasi politik yang telah selesai dan seharusnya berlangsung damai sebagai pesta demokrasi.

"Ini kan bangsa yang besar, kalau sampai tersia-siakan rasanya sayang," tuturnya.


(srs/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com