DetikHot

music

5 Fakta Menarik 'A Whole New World' yang Wajib Kamu Tahu

Jumat, 24 Mei 2019 03:50 WIB  ·   Dicky Ardian - detikHOT
5 Fakta Menarik A Whole New World yang Wajib Kamu Tahu Foto: istimewa
Jakarta - Seperti tak tergantikan, 'A Whole New World' punya jalan yang panjang mengiringi film animasi 'Aladdin'. Sejak 1992, lagu tersebut seakan menjadi soundtrack abadi.

Ada banyak fakta menarik di balik lagu tersebut. Berikut adalah 5 fakta di dalamnya yang mungkin belum kamu tahu.

1. Pencipta dan Penyanyi Asli 'A Whole New World'

'A Whole New World' diciptakan oleh Alan Menken dan Tim Rice. Lagu tersebut dirilis pada 31 Oktober 1992.

Versi aslinya dinyanyikan oleh Brad Kane dan Lea Salonga. Lagu tersebut merupakan balada antara kedua karakter utama di film tersebut, yaitu Aladdin dan Jasmine.

[Gambas:Youtube]



2. Segudang Prestasi

Sejak dirilis, lagu tersebut langsung menorehkan prestasi. Soundtrack itu pernah mengantungi 500 ribu kopi penjualan dan menguasai puncak tangga lagu.

Masa kejayaan 'A Whole New World' adalah ketika berhasil berada di puncak tangga lagu Billboard Hot 100. Raihan itu menjadikan lagu tersebut sebagai satu-satunya lagu Disney pertama yang berada di puncak tangga lagu bergengsi tersebut.

Belum cukup, koleksi piala juga sudah dikumpulkan. 'A Whole New World' berhasil memenangkan Best Original Song di Piala Oscar ke-65. Lagu yang sama juga berhak atas sebuah piala untuk Song of the Year dari Grammy Awards ke-36.

3. Makna 'A Whole New World'

Di filmnya, 'A Whole New World' dinyanyikan Aladdin ketika mengajak Jasmine terbang. Secara garis besar, lagu tersebut bercerita soal Aladdin yang menunjukkan kebebasan pada sang putri.

Selama ini, Jasmine terkurung di dalam istana. Di dalamnya, ada juga sebuah pengakuan cinta yang begitu romantis.

4. Ada 6 Versi Lagu

Kesuksesan 'A Whole New World' membuat Disney seakan tidak ingin menggantikan lagu tersebut dari film 'Aladdin'. Oleh karena itu, lahirlah beberapa versi dari lagu tersebut.

Yang pertama adalah versi asli yang dinyanyikan oleh Brad Kane dan Lea Salonga. Mereka juga menjadi pengisi asli suara Aladdin dan Jasmine di dalam film.

Kemudian ada Peabo Bryson dan Regina Belle, Ricardo Montaner dan Michelle, serta Adam Jacobs dan Courtney Reed.

[Gambas:Youtube]



Yang menarik, tahun ini lagu tersebut dinyanyikan ulang oleh Zayn Malik dan Zhavia Ward. Selain itu, di Indonesia, Gamaliel dan Isyana Saravati dipercaya untuk membawakannya.

5. Versi Zayn Malik dan Zhavia Ward Tak Ada di Dalam Film

Fakta menarik terakhir adalah 'A Whole New World' versi Zayn Malik dan Zhavia Ward tidak akan ada di dalam film 'Aladdin'. Irama kekinian yang dibawakan keduanya hanya akan terdengar pada bagian penutup film.

Lalu, akan seperti apa film 'Aladdin'?
(dar/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed