detikHot

music

Duh! Ed Sheeran dan Justin Bieber Dituduh Jiplak Lagu dengan Judul Sama

Selasa, 14 Mei 2019 16:42 WIB Dicky Ardian - detikHot
Justin Bieber dan Ed Sheeran Foto: Istimewa Justin Bieber dan Ed Sheeran Foto: Istimewa
Jakarta - Belum lama ini, Ed Sheeran dan Justin Bieber merilis lagu kolaborasi mereka. Namun setelah dirilis, mereka dituduh lagu tersebut adalah hasil jiplakan.

Adalah Cheryl, penyanyi asal Inggris yang merasakan ada kesamaan notasi lagu miliknya dengan single kolaborasi Ed Sheeran dan Justin Bieber. Yang menarik, kedua lagu yang diperdebatkan punya judul yang sama, 'I Don't Care'.

Cheryl merasa chorus lagu Ed Sheeran dan Justin Bieber identik dengan bagian yang sama pada karyanya.

Atas tudingan itu, Cheryl diminta untuk tidak tinggal diam dan protes semata. Beberapa pihak mendorongnya untuk mengajukan gugatan ke pengadilan.




Ini bukan kali pertama Ed Sheeran dituduh menjiplak. Sebelumnya, 'Thinking Out Loud' juga pernah diprotes Marvin Gaye karena dinilai mirip dengan lagu miliknya, 'Let's Get It On'.

Sebelumnya Ed Sheeran juga pernah dituntut karena plagiarisme untuk lagunya 'Photograph'. Lagu itu dituding hasil jiplakan dari lagu 'Amazing' milik pemenang X-Factor Inggris, Matt Cardle.

Dua penulis lagu tersebut, Marting Harrington dan Thomas Leonard menuntut Ed Sheeran. Untuk kasus ini, Ed Sheeran sepakat membayar USD 20 juta.
(dar/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com