detikHot

music

Konser Ed Sheeran di Jakarta: Penantian yang Terbayar Lunas

Sabtu, 04 Mei 2019 07:27 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Asep Syaifullah Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Bagi segelintir orang, hari Jumat hanyalah hari kerja terakhir menjelang akhir pekan. Namun hari Jumat (3/5/2019) kali ini tidak berjalan seperti biasanya bagi penggemar Ed Sheeran.

Mereka memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, sedari sore demi bisa mewujudkan salah satu mimpi kecil mereka: menonton Ed Sheeran secara langsung.

Namun sebelum menyaksikan penampilan Ed Sheeran, penonton lebih dulu disuguhi aksi panggung dari One Ok Rock sebagai pembuka.

Pada 2017 lalu, Ed Sheeran pernah dijadwalkan akan menggelar konser di Indonesia. Sayangnya niatannya tersebut urung dilakukan. Cedera yang dialaminya karena kecelakaan sepeda membuatnya terpaksa membatalkan sejumlah jadwal konser, salah satunya di Indonesia.

Rupanya sang musisi tak melupakan hal itu begitu saja. Usai membuka penampilannya dengan lagu 'Castle on the Hill', ia langsung meminta maaf pada para penonton.


"Halo jakarta, senang bisa ke sini. Pertama-tama aku mau minta maaf, karena aku seharusnya ke sini (Indonesia) pada 2017," ungkapnya sembari menyapa penonton.

Jakarta menjadi kota penutup dari rangkaian tur Asia 'Divide World Tour 2019'. Sebelumnya, dalam kurun waktu kurang lebih 20 hari, ia mampir untuk tampil di Taipei, Tokyo, Kuala Lumpur, Hong Kong, Seoul, Osaka, Singapura dan Bangkok.

Ed Sheeran juga menyebutkan hal itu setelah membawakan 'Eraser'. "Tiba juga waktunya, ini adalah penutupan dari tur yang sangat ku nikmati. Tur ini telah membawaku untuk bermain di stadion-stadion besar pada negara-negara yang berbicara bahasa yang berbeda denganku. Aku senang sekali," katanya.

'The A Team' dan medley dari lagu 'Don't' serta 'New Man' menjadi lagu selanjutnya yang dibawakan. Sepanjang konser, Ed Sheeran memang tampil minimalis. Ia sesekali mengganti gitarnya, namun kesemuanya adalah gitar akustik. Seperti biasa, ia hanya ditemani satu gitar dan efek loop.

Konser Ed Sheeran di Jakarta: Penantian yang Terbayar LunasFoto: Asep Syaifullah



Pada lagu berikutnya, Ed Sheeran mulai mengajak penonton untuk berteriak. "Aku ingin tahu seberapa kencang kalian bisa berteriak, satu, dua, tiga," ajaknya. Gegap gempita suara teriakan penonton pun terdengar memenuhi stadion.

"Oke, kalau begitu kalian harus berteriak juga lagu ini ya," katanya kemudian membawakan 'Dive'. Para penonton pun ikut bernyanyi dalam lagu itu dan lagu-lagu berikutnya.

'Bloodstream' dan 'Happier' menjadi lagu selanjutnya yang ia nyanyikan. Para penonton tampak terhanyut suasana lewat lagu-lagu yang Ed Sheeran bawakan. Di sepanjang konser, mereka menyalakan lampu dari ponsel mereka. Hal itu menambah suasana syahdu di stadion.

Ed Sheeran kembali bercerita, "Aku seringkali menulis lagu. Beberapa lagu ku nyanyikan sendiri, tapi aku juga memiliki lagu yang dibawakan orang lain. Lagu ini aku tulis pada 2015," ceritanya kemudian menyanyikan 'Love Yourself' yang dipopularkan oleh Justin Bieber.

'Tenerife Sea', medley 'Kiss Me' dan 'Give Me Love', 'Galway Girl' hingga 'I See Fire' (yang merupakan lagu ketika Ed Sheeran mengajak penonton bertepuk tangan dengan kompak) menjadi lagu-lagu selanjutnya yang dibawakan oleh penyanyi kelahiran 17 Februari 1991 itu.

Menjelang pengujung acara, tibalah waktunya Ed Sheeran memainkan sejumlah nomor-nomor romantis andalannya, di antaranya 'Thinking Out Loud', 'Photograph', hingga 'Perfect'. Tentunya, para penonton turut bernyanyi pada lagu-lagu tersebut.

Di akhir lagu 'Photograph', para penonton bahkan kompak melantunkan bait terakhir dari lagu tersebut. Musisi asal Inggris itu pun menyunggingkan senyum lebar di bibirnya.

'Nancy Mulligan' dan 'Sing' menjadi lagu berikutnya yang dibawakan olehnya. Setelah membawakan 'Sing', ia kemudian menghilang ke belakang panggung.

Sesi encore memang selalu menjadi hal yang telah mudah diterka. Skenario selanjutnya, sebagaimana sudah dapat ditebak, para penonton berteriak "we want more" memanggil kembali sang idola untuk naik lagi ke atas panggung.


Akan tetapi, dalam encore kali ini rupanya Ed Sheeran memberikan kejutan yang membuat penonton bersorak riang. Ia kembali ke panggung dengan mengenakan jersey Tim Nasional (timnas) olahraga Indonesia.

'Shape of You' menjadi lagu yang dipilihnya untuk membuka sesi encore. Namun rupanya bagian encore tidak berlangsung lama, hanya diisi oleh dua lagu.

'You Need Me, I Don't Need You' dimainkan oleh Ed Sheeran. Dalam lagu tersebut, ia sekaligus memamerkan kebolehannya dalam melantunkan lagu rap. Lagu itu sekaligus menjadi penutup dari konser malam hari ini.

Seperti utang yang dibayar lunas, penantian para penggemar Ed Sheeran hari itu akhirnya berakhir, terbayarkan oleh kepuasan.
(srs/doc)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com