detikHot

music

Damon Albarn: Musik Itu Harus Politis, Itu Sangat Dibutuhkan

Senin, 22 Apr 2019 12:14 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Nicholas Hunt/Getty Images Foto: Nicholas Hunt/Getty Images
Jakarta - Pentolan Blur, Damon Albarn, mengomentari mengenai huru-hara Brexit yang belakangan ramai dibicarakan dan akan membawa perubahan yang besar bagi Inggris.

Melihat situasi dan kondisi pada momentum politik tersebut, ia pun mengatakan bahwa musisi sebaiknya membuat musik yang politis dan menunjukan keberpihakan. Ia juga mengatakan sebaiknya musisi mengurangi dibuatnya musik yang disebutnya sebagai musik selfie.

Hal itu dikemukakannya dalam wawancara dengan Gemma Cairney dalam The Leisure Society di BBC 6 Music.

"Musik harus menjadi lebih politis. Itu sangat amat dibutuhkan (lagu-lagu protes bernafaskan politik). Musik selfie bukanlah jenis musik yang berkelanjutan," ujarnya.

"Apakah saya mencoba membuat nada-nada selfie? Mungkin iya, tapi kemampuan naturalku mencegahnya untuk membuatnya dengan benar," sambungnya.

Pada 2015 lalu, Damon Albarn menjelaskan apa yang disebutnya sebagai musik selfie. Menurutnya saat ini, banyak musisi yang hanya berbicara mengenai dirinya sendiri dalam lagunya.

Para musisi tak lagi bicara mengenai apa yang tengah terjadi di sekitarnya. "Ini adalah generasi selfie, mereka menjadi kering," kritik Albarn kala itu, dikutip dari NME.
(srs/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed