detikHot

music

Taylor Swift dan Beyonce Bukan Tentang Musik, tapi Merek Dagang

Kamis, 04 Apr 2019 15:58 WIB Nugraha - detikHot
Foto: Dok. Getty Images Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Rahasia kesuksesan Taylor Swift dan Beyonce bukan sekadar musik. Dua penyanyi itu sukses dengan karier mereka karena namanya adalah sebuah brand yang kuat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Richard Thompson yang merupakan musisi Fairport Convention berusia 70 tahun. Menurutnya budaya pop dan selebriti modern benar-benar sudah berubah.

"Saya senang karena saya bukan bintang atau apa pun, karena itu pasti benar-benar neraka ketika Anda tidak bisa pergi ke supermarket atau berjalan di ruang publik," ungkapnya kepada The Independent.
Taylor SwiftTaylor Swift Foto: Rich Polk/Getty Images for iHeartMedia

Ia menganggap budaya selebriti modern itu aneh. Sebab, bukan musik yang mengangkat mereka, tapi sebaliknya nama selebriti itu justru menjadi daya jualnya.

"Anda melihat artis seperti Beyonce atau Taylor Swift dan mereka benar-benar sebuah merek. Ini bukan tentang musik, ini tentang mempromosikan merek. Saya merasa sangat sulit untuk menganggap musik mereka serius, karena sangat diperhitungkan dan direkayasa untuk diterima publik," tuturnya.

Musik tak cuma sekedar merek saja, ada banyak hal termasuk menemukan inti emosional dari musik.

"Sekarang itu, seperti Anda ingin menjadi siapa? Apakah Anda ingin menjadi merek dan memiliki lini pakaian sendiri? Tinggal di balik tembok yang terjaga keamanannya? Apakah seluruh hidup Anda jadi sebuah reality show? Atau apakah Anda ingin audiens yang lebih kecil dan melakukan sesuatu yang lebih menarik?" tukasnya.
(nu2/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com