detikHot

music

Dear Faldo Maldini, Ini Lho Karya dan Prestasi Addie MS

Jumat, 01 Feb 2019 15:47 WIB detikHOT - detikHot
Addie MS Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Addie MS dan politikus muda Faldo Maldini beradu cuitan di Twitter. Faldo mengaku tidak mengenal Addie MS, apalagi karyanya.

Padahal Addie MS bukan orang baru di dunia musik Tanah Air. Karyanya cukup banyak tercatat dan dinikmati banyak orang.

Ayah dari Kevin Aprilio tersebut memulai kariernya sejak 1979. Bakat musiknya turun dari sang kakek, Muhammad Soesilo, seorang pianolog.

Addie MS lebih banyak belajar musik dengan cara otodidak. Meski ia juga berguru kepada Mrs. Rotti.

Dear Faldo Maldini, Ini Lho Karya dan Prestasi Addie MSFoto: Grandyos Zafna
Kariernya langsung menanjak setelah sukses memproduseri album-album beberapa penyanyi pop. Dari tangan dinginnya, lahir karya-karya yang sering dibawakan oleh Vina Panduwinata, Utha Likumahuwa, Chrisye, Krisdayanti dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berbagai acara dan konser besar juga pernah digelar oleh Addie MS. Ia menjadi suksesor di konser David Foster pada 1992 hingga memimpin Manila Philharmonic dalam acara Miss ASEAN di Jakarta pada 2005.




Pada 2003, Addie MS juga dipercaya oleh Panglima TNI untuk menciptakan lagu Mars dan Himne TNI. Sebelumnya, begitu banyak perusahaan besar yang mempercayakan mars mereka diciptakan oleh pria kelahiran 7 Oktober 1959 itu, seperti Garuda Indonesia, Pertamina, Summarecon, Agung Podomoro, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bicara soal penghargaan, Addie MS sudah mengoleksi 3 Golden Trophy BASF Awards -kini bernama Anugerah Musik Indonesia- sebagai penata musik terbaik. Ada juga 2 Golden Records, 2 Silver Records dan yang lainnya.

Addie MSAddie MS Foto: Rachman Haryanto
Yang tak terlupakan juga 3 orkestrasi dalam album Dream Suite karya Suzaanne Ciani yang dibuat Addie MS. Karya tersebut kemudian masuk nominasi Grammy Awards ke-38 pada 1996 di kategori The Best New Age Album.

Namun beberapa rincian tadi sepertinya baru sebagian kecil dari apa yang sudah dilakukan Addie MS. Pasalnya, hingga kini, ia masih aktif menekuni dunia musik dan menelurkan begitu banyak karya.
(dar/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com