detikHot

music

7 Perjalanan Karier Sheila On 7, Grup Band yang Laris Manis

Minggu, 30 Des 2018 17:01 WIB Niken Widya Yunita - detikHot
7 Perjalanan Karier Sheila On 7, Grup Band yang Laris Manis (Foto: Pool/Noel/DetikFoto) 7 Perjalanan Karier Sheila On 7, Grup Band yang Laris Manis (Foto: Pool/Noel/DetikFoto)
Jakarta - Sheila On 7 merupakan grup band populer di Indonesia. Untuk generasi milenial, bisa dilihat perjalanan karier grup band yang tetap diminati ini.

Lagu-lagu yang dirilis selalu hits. Sebut saja 'Dan', 'Kita', 'JAP', 'Sephia', dan 'Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki'.

Grup band itu juga masih eksis di panggung hiburan Tanah Air. Baik itu eksis di panggung on air maupun off air.

Namun dalam konser off air-nya pada 22 Desember 2018, Sheila On 7 dihentikan polisi. Hal ini karena durasi panggung Duta cs. Berikut perjalanan karier Sheila On 7 yang dihentikan manggung oleh polisi.

1. Awalnya Bernama 'W.H.Y Gank'

Grup band ini pada awalnya terdiri dari Adam dan Sakti. Keduanya memiliki band bernama 'W.H.Y Gank'.

Kemudian Adam dan Sakti mengajak Duta ikut latihan untuk menjadi vokalis. Duta dipilih berbekal cerita Adam. Saat itu Adam dan Duta merupakan langganan pengisi acara 17 Agustus-an di kompleks perumahan mereka. Duta menyanyi dan Adam bermain gitar akustik.

2. Sheilagank

Setelah 'W.H.Y Gank' vakum, mereka berkenalan dengan Eross Candra dan bertemu dengan Anton. Setelah itu mereka memutuskan untuk menamakan band dengan nama 'Sheilagank'. Tanggal lahir band mereka yakni 6 Mei 1996.

Sejak saat itu, ada 5 anggota pada awal berdiri yakni Duta (vokal), Adam (bass), Eross (gitar), Sakti (gitar), dan Anton (drum).

3. Berubah Jadi Sheila On 7

Sheilagank manggung di pensi-pensi dan festival band SMA se-Jateng DIY selama sekitar 2 tahun. Hingga akhirnya pada 1998 mereka mendapatkan kontrak rekaman pertama mereka dengan pihak label Sony Music Entertaintment Indonesia. Mereka kemudian mengubah nama band mereka menjadi Sheila On 7.

Nama Sheila berarti musikal. Selain itu, mereka memiliki teman yang sama yakni Sheila. Kemudian ditambahi On Seven, yang berarti tujuh tangga nada dalam musik. Aliran musik mereka lebih ke pop dengan bahasa yang lebih mudah dicerna dan dimengerti.

Nama 'Sheilagank' kemudian digunakan sebagai sebutan bagi pendengar setia karya-karya mereka.





4. Rilis Album

Album Sheila On 7 antara lain, Sheila On 7 (1999), Kisah Kasih Untuk Masa Depan (2000), 07 Des (2002), OST. 30 Hari Mencari Cinta (2003), Pejantan Tangguh (2004), The Very Best of Sheila on 7, Jalan Terus (2005), 507 (2006), Menentukan Arah (2008), Berlayar (2011), dan Musim yang Baik (2014). Musim yang baik merupakan album terakhir dengan label Sony Music Entertainment Indonesia. Kemudian mereka merilis album Film Favorit (2018), yang merupakan album yang pertama yang dirilis secara indie.

5. Beberapa Kali Berganti Formasi

Sheila On 7 telah beberapa kali berubah formasi. Pada Oktober 2004, Brian masuk menggantikan Anton yang dinilai tidak disiplin. Kemudian Sakti mundur untuk belajar di Pakistan pada Maret 2006.

6. Dapat Penghargaan

Sheila On 7 mendapat banyak penghargaan. Seperti Double Platinum Award (1st Album) - Sony Music Asia ( agustus 1999), Best Song 'DAN' of Pop Category - Anugerah Musik Indonesia (november 1999), Album Terbaik (Best of the best) 'Pejantan Tangguh' AMI AWARDS 2004, dan Song of the Year 'Film Favorit' Indonesian Choice Awards 2018.

7. Manggung Dihentikan Polisi

Sheila On 7 dihentikan polisi saat manggung di Lapangan Parkir Mandala Krida, Yogyakarta, pada Sabtu (22/12) malam. Alasan penghentian karena jam izin manggung hingga pukul 23.00 WIB. Sedangkan saat itu, Duta dan kawan-kawannya masih manggung padahal jam sudah menunjukkan pukul 23.30 WIB.

Polisi langsung naik ke atas panggung untuk meminta personel Sheila On 7 berhenti manggung. Saat itu lagu yang sedang dinyanyikan Duta yakni 'Sephia'.

Polda DIY menyampaikan permohonan maaf terkait insiden penyetopan konser band Sheila On 7. Pihak kepolisian mengatakan anggotanya sedang berupaya mengingatkan batas waktu izin konser.

Yuliyanto menyebutkan kepolisian telah bertemu dengan pihak manajemen Sheila On 7 membahas insiden yang terjadi dalam acara Closing Ceremony Farmasi Cup 2018 itu. Saat ini tidak ada hal-hal yang dipermasalahkan lagi.

Namun, aksi polisi menghentikan manggung Sheila On 7 terjadi pada 2014 dan 2015. Pada 2014, Sheila On 7 baru manggung setengah jam pada acara sebuah acara kompetisi dance di Alun-alun Yogyakarta. Sementara pada 2015, Sheila On 7 diminta turun panggung oleh polisi dalam event 'The 90s Festival' di Bandung, sekitar pukul 23.30 WIB.


(nwy/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed