10 Lagu Iwan Fals yang Tak Lekang oleh Waktu

Niken Widya Yunita - detikHot
Sabtu, 08 Des 2018 11:22 WIB
10 Lagu Iwan Fals yang Tidak Lekang oleh Waktu (Dicky Ardian/detikhot)
Jakarta - Virgiawan Listanto atau Iwan Fals merupakan salah satu penyanyi legenda di Indonesia. Penyanyi kelahiran Jakarta, 3 September 1961 itu menciptakan lagu yang tidak lekang oleh waktu.

Berikut 10 lagu Iwan Fals yang tidak lekang oleh waktu.

1. 'Yang Terlupakan'

Lagu ini merupakan kolaborasi manis Iwan Fals dengan NOAH. Video ini dihadirkan pada Desember 2015.

Lokasi syuting video yang disutradarai Sakti M ini dilakukan di Stone Garden, Bandung, Jawa Barat. Dalam video klip itu bercerita tentang kenangan masa lalu yang sulit untuk dilupakan.

Dalam penggarapan video klip 'Yang Terlupakan', NOAH melibatkan 130 Sahabat NOAH. Tak heran, nampak setiap pengambilan adegan dari awal hingga akhir, banyak wajah-wajah Sahabat NOAH yang masuk dalam video klip tersebut.

'Yang Terlupakan' sendiri menjadi bagian proyek 'Satu' yang kerjakan oleh Musica Studio's. Band-band Musica seperti d'Masiv, Geisha, Nidji, dan NOAH berkolaborasi dengan Iwan Fals.

2. 'Ibu'

Lagu 'Ibu' merupakan salah satu lagu yang ada di dalam album bertajuk '1901' (1988). Lirik dari lagu tersebut, di bait pertama, bercerita mengenai perjuangan seorang ibu demi kebahagiaan anaknya. Sedangkan di bait-bait berikutnya, lagu itu berkisah tentang ungkapan kerinduan seorang anak terhadap ibunya.

Iwan pernah mengatakan, ibunya adalah sosok yang menginspirasinya untuk terus berkarya.
Ia melihat ibunya adalah sosok pekerja yang banyak menghabiskan waktunya bagi orang lain. Itulah yang membuatnya terus bergairah dalam berkarya.

3. Ujung Aspal Pondok Gede

Lagu 'Ujung Aspal Pondok Gede' dirilis tahun 1985. Lagu ini masuk dalam album Sore Tugu Pancoran.

4. Sarjana Muda

Musik 'Sarjana Muda' ditangani Willy Soemantri. Album Sarjana Muda banyak diminati dan Iwan Fals mulai mendapatkan berbagai tawaran untuk bernyanyi.

Iwan Fals lantas berhenti ngamen setelah lahir anak keduanya Cikal yang lahir tahun 1985. Kemudian masuk televisi setelah tahun 1987.


5. Bento

Awal mula terciptanya lagu ini yakni Iwan Fals bertemu dengan Naniel, Sawung Djabo, Inisisri, Toto Tewel, Jerry, Tates, dan Cok Rampal. Kemudian lahirlah Swami yang namanya di ambil dari keadaan personel-personel berstatus sebagai suami dari masing-masing istri mereka.

Saat bergabung dengan Swami nama Iwan Fals semakin mencuat dengan mencetak hits sangat fenomenal yakni Bento. Lagu Bento merupakan lagu kontroversi yang dirilis tahun 1989. Iwan Fals membuat pemerintah Orde Baru murka lantaran lagunya itu.


6. Belum Ada Judul

Lagu ini menampilkan Iwan Fals yang tampil polos. Iwan Fals menyanyi memakai gitar dan harmonika. IWan Fals memainkan sendiri tanpa musik pengiring dan backing vokal.

Lagu ini sederhana namun dalam maknanya. Kesederhanaan Iwan menjadi jaminan nilai jual di lagu yang dirilis tahun 1992.

Belum Ada Judul menjadi salah satu album terbaik Iwan Fals karena proses rekamannya dilakukan secara live tanpa diedit. Dan Iwan hanya bernyanyi memakai gitar dan harmonika yang dimainkan sendiri tanpa musik pengiring tanpa backing vokal.

7. 'Oemar Bakrie'

Lagu 'Oemar Bakrie berkisah tentang 'Oemar Bakrie' (1914-1998). Oemar Bakrie merupakan seorang guru old-fashioned yang harus berhadapan dengan dinamika kehidupan sekolah di kota besar.

Di lagi ini tampil Idris Sardi, seorang pemain biola kawakan, yang memberikan sentuhan dixieland yang jenaka.

8. Surat buat wakil rakyat

Lagu 'Surat Buat Wakil Rakyat' meledak di pasaran. Lagu dari album Wakil Rakyat ini diedarkan pada tahun 1987 dan musiknya dikerjakan oleh Bagoes A.A.

Lagu 'Surat Buat Wakil Rakyat' mengisahkan wakil rakyat yang suka tidur pada waktu sidang dinilai menghina pejabat negara. Lagu ini bahkan sempat dicekal karena dianggap mengganggu stabilitas politik.



9. Kemesraan

Lagu 'Kemesraan' awalnya dinyanyikan oleh Franky Sahilatua dan Jane Sahilatua. Namun lagu ini tidak meledak di pasaran.

Kemudian lagu ini dinyanyikan oleh Iwan Fals berduet bersama Titiek Hamzah menjadi populer. Setelah dinyanyikan oleh artis-artis Musica Studios, lagu ini menjadi semakin populer.

10. Aku Bukan Pilihan

Pada lagu 'Aku Bukan Pilihan' ini bisa dikatakan Iwan Fals jatuh cinta. Kata-kata penuh cinta dari Iwan Fals bisa disimak di lagu yang diluncurkan Musica Studio pada Desember 2015 ini. Lagu 'Aku Bukan Pilihan' ini termasuk di album 'Iwan Fals in Love'. (nwy/ken)