DetikHot

music

Bagaimana Franz Ferdinand Melihat Perubahan Musik Mereka?

Selasa, 04 Des 2018 15:24 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Bagaimana Franz Ferdinand Melihat Perubahan Musik Mereka? Franz Ferdinand. Foto: Getty Images
Jakarta - Terbentuk pada 2002, unit indie rock, Franz Ferdinand telah menghasilkan sejumlah karya musik. Sebut saja sejumlah single, mulai dari 'Take Me Out' hingga 'Do You Want To'.

'Franz Ferdinand' (2004), 'You Could Have It So Much Better' (2005), 'Tonight: Franz Ferdinand' (2009), 'Right Thoughts, Right Words, Right Action' (2013), 'Always Ascending' (2018) adalah album-album yang telah mereka telurkan selama 16 tahun berkarya.

Dari belasan tahun perjalanan karier mereka, bassist dari band indie rock asal Glasgow tersebut mengatakan bahwa musik mereka banyak berkembang meskipun mereka masih berpegang pada benang merah yang sama.

"Tentunya perubahan tersebut ada. Ia datang seiring kami semakin nyaman bersama-sama berada dalam band. Seperti bagaimana kami tampil dan memainkan ulang lagu lama kami, di situlah kami bisa merasakan ada yang berubah," kata Bob Hardy kepada detikHOT.



Selain itu, Bob juga mengutarakan bahwa perubahan mereka tak lepas pula dari perubahan proses merekam. "Dari proses kami merekam lagu juga mengalami perubahan dari tahun ke tahun," tambahnya.

Franz Ferdinand. Franz Ferdinand. Foto: Dyah Paramita Saraswati


Sebagai band, Franz Ferdinand juga tak lepas dari pergantian personel. Band itu terbentuk dalam formasi berempat, yakni Alex Kapranos (vokal, gitar, kibor), Nick McCarthy (gitar, kibor, suara latar), Bob Hardy (bass), and Paul Thomson (drum, perkusi, suara latar).

Pada perkembangannya, Nick McCarthy memutuskan hengkang pada 2016. Ditinggal Nick McCarthy, band tersebut justru merekrut dua personel baru. Mereka adalah Julian Corrie (kibor, synthesiser) dan Dino Bardot (gitar, suara latar).

"Aku rasa band ini selalu berkembang dan berproses. Perkembangannya sangat dinamis," ujar Bob Hardy lagi.


(srs/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed