Swara Gembira Rayakan Karya-karya Chrisye

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 26 Nov 2018 22:02 WIB
Foto: Swara Gembira (Dyah Paramita Saraswati)
Jakarta - Swara Gembira kembali mengadakan pagelaran musik. Edisi keenam kali ini bertajuk 'Hip Hip Hura'.

Diambil dari salah satu judul lagu yang dipopulerkan Chrisye, acara tersebut memang akan merayakan karya-karya penyanyi yang meninggal pada 30 Maret 2007.

"Almarhum Chrisye kami angkat untuk pagelaran nanti adalah selain karena sosok Chrisye sudah banyak dikenal, tapi juga karena karya-karya Chrisye sangat menarik untuk menjembatani anak muda untuk mengenal musik Indonesia," ujar pemrakarsa Swara Gembira, Oi, saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan, Senin (26/11/2018).

Pada setiap tahunnya, Swara Gembira memang selalu mengangkat musisi Indonesia sebagai tema utama. Pada acara sebelumnya, acara tersebut pernah menjadikan karya-karya dari Guruh Soekarno Putra, Candra Darusman, dan Yockie Suryoprayogo sebagai fokusnya.

Menurut istri Chrisye, Damayanti Noor, dirinya menerima tawaran Swara Gembira karena menganggap konsep yang ditawarkan berbeda dari pagelaran lainnya.

"Terus terang sih saya cukup banyak tanya sama Oi, kamu mau mengemasnya seperti apa. Ini kan bukan sekadar konser musik, ini bisa dibilang aksi musik teatrikal. Membuat saya ini lain daripada yang lain," ujar Damayanti.


Damayanti juga mengatakan, cita-cita Swara Gembira untuk memperkenalkan musik Indonesia selaras dengan pesan yang selalu ingin disampaikan oleh Chrisye.

"Kebanyakan orang tahu Chrisye hanya penyanyi pop, padahal kurun waktu dia berkarya cukup lama, selalu ada hal yang selalu ingin ditonjolin Chrisye," kata Damayanti.

"Ketika pulang ke Indonesia, dia berniat untuk nggak akan nyanyiin lagu asing karena dia berharap lagu Indonesia bisa jadi tuan rumah di negara sendiri," sambungnya.

Konser 'Swara Gembira - Hip Hip Hura' tersebut akan berlangsung di Livespace, SCBD, Jakarta Selatan pada 8 Desember 2018.

(srs/mau)