detikHot

music

The Weeknd Digugat karena Plagiat

Jumat, 23 Nov 2018 17:06 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
The Weeknd. Foto: Rich Fury/Getty Images for Coachella The Weeknd. Foto: Rich Fury/Getty Images for Coachella
Jakarta - Tiga pencipta lagu yang terdiri dari, Scott McCollouch, Brian Clover, dan Billy Smith menggugat The Weeknd atas lagunya yang berjudul 'A Lonely Night'.

Menurut ketiganya, lagu tersebut mirip dengan lagu ciptaan mereka yang berjudul 'I Need to Love'. Lagu tersebut mereka rekam pada 2004 silam.

Ketiganya mengaku memang sempat menjual lagu tersebut ke label. Namun hak atas penciptaan lagu itu kembali pada mereka karena lagu itu tak berhasil terjual pada 11 November 201.

"Kepemilikan kami atas lagu ini memang sempat tertahan karena beberapa hal, termasuk karena (kemungkinan untuk dinyanyikan oleh) idola pop. Tapi kemudian lagu kami tidak pernah dipergunakan sehingga label mengambilnya untuk ditawarkan, namun tidak terjual," kata Brian Clover dikutip dari BBC, Jumat (23/11/2018).

"Kami tidak pernah memiliki hit, kami memiliki beberapa lagu yang tertahan namun kami tidak pernah masuk ke dalam antrean. Ini membuat kami frustasi karena kami ingin ada seorang artis yang menyanyikan lagu kami dalam albumnya," sambung Clover.

Setelah menuliskan surat pada manajemen The Weeknd namun ditolak, akhirnya mereka menempuh jalur hukum terhadap hak cipta lagu tersebut.

Brian Clover pertama kali mendengar lagu tersebut saat berbelanja di Topman. Ia mengaku langsung menyadari bahwa 'A Lonely Night' mengambil kunci utama dari lagunya.

"Aku berpikir, 'Aku tahu lagu ini', dan kemudian aku menyadari ini adalah laguku," ujar Brian pada The Sun.

'A Lonely Night' merupakan salah satu lagu dalam album 'Staroy' (2016). Album itu terbilang sukses hingga mendapatkan double platinum hanya setelah dua minggu album itu rilis.
(srs/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com