Usai Via Vallen, Giliran Jerinx SID Kena Sentil Hak Cipta 'Superman'

Niken Purnamasari - detikHot
Selasa, 13 Nov 2018 10:09 WIB
Foto: Repro Instagram Jerink SID
Jakarta - Personel Superman is Dead (SID), Jerinx berseteru dengan Via Vallen lantaran lagu ciptaannya dinyanyikan ulang. Kini giliran Jerinx yang kena sentil netizen terkait hak cipta penggunaan nama 'Superman' di band-nya.

Sentilan itu dilontarkan di kolom komentar postingan Instagram Jerinx. Netizen tersebut mempertanyakan apakah Jerinx sudah meminta izin ke DC Comics untuk penggunaan kata 'Superman' untuk band Superman is Dead.



"Sudah ijin ke DC buat nama Supermannya belom? Jangan demi uang lupa minta ijin yaaa," kata netizen, dilihat detikHOT, Selasa (13/11/2018).

Jerinx kemudian menjawab komentar netizen. Dia menjelaskan kata 'Superman' di Superman is Dead bukan merujuk pada karakter di komik DC.

"Superman di SID tidak mengambil referensi dari DC tapi dari kutipan Ubermensch, konsep filsafatnya Friedrich Nietzche. Silakan google wawancara SID terkait asal usul nama kami," jelas Jerinx.



Soal hak cipta yang menyetil Via Vallen, Jerinx sebelumnya mengatakan Superman is Dead sebenarnya sangat bangga jika ada musisi lain yang bisa hidup karena karya mereka. Akan tetapi, Jerink menegaskan, dia dan teman-temannya tak mau karyanya hanya dimanfaatkan untuk memperkaya diri.

"SID sudah pasti akan bangga jika VV, atau siapapun yg hidup dari karya SID, manfaatkan fame nya utk cinta yg lebih besar. Bukan hanya tuk perkaya diri dan keluarganya. Ini yg membuat saya marah," ungkapnya.

Tonton video 'Jerinx SID Ogah Minta Maaf Balik ke Via Vallen':

[Gambas:Video 20detik]

(nkn/wes)