detikHot

music

Sinead O'Connor: 70 Persen Kontroversi, 30 Persen Musik

Jumat, 26 Okt 2018 12:27 WIB Nugraha - detikHot
Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Sinead O'Connor masuk dalam empat nominasi Grammy Awards pada 1990. Ia juga didapuk sebagai Artist of The Year 1991 versi Rolling Stone.

Kesuksesan itu merupakan buah keberhasilannya membawakan lagu 'Nothing Compares 2 U'. Namun dua album yang digarapnya pada 1992 dan 1994, tidak berhasil membuat namanya terus naik sebagai penyanyi.

Kontroversi justru seperti melibas berbagai penghargaan yang diraihnya itu. Terlebih pada 1992, O'Connor merobek foto Paus Yohanes Paulus II dalam acara 'Saturday Night Live'.

Ia mencela Gereja Katolik, bahkan melakukan penghinaan dengan mengatakan adanya dugaan pelecehan anak. Meski begitu, ia tetap bertahan dengan keyakinannya.

"Bukan orangnya, tapi itu adalah kantor dan simbol organisasi yang diwakilinya. Saya menganggap mereka bertanggung jawab atas penghancuran seluruh ras dan keberadaan berikutnya dengan pelecehan anak di setiap negara," katanya kepada Time ketika itu.

Tonton video: Jadi Mualaf, Sinead O'Connor Kini Tampil Berhijab

[Gambas:Video 20detik]



Kariernya memang langsung lenyap, dikalahkan oleh masalah dalam kehidupan pribadinya. Pada 1995, ia kembali muncul dengan berita negatif dengan John Waters, memperebutkan hak asuh atas bayi perempuan mereka.

Waters menganggap O'Connor merupakan ibu yang tidak layak mengasuh putrinya. Pada 1999, O'Connor bahkan dikabarkan berusaha untuk bunuh diri. Setelah menjalani berbagai pengobatan psikis, ia pun setuju untuk membiarkan putrinya hidup dengan Waters.

Pada 2000, O'Connor menandatangani kontrak dengan Atlantic Records. Album pertamanya setelah enam tahun vakum. Album tersebut berjudul 'Faith & Courage'.

Namun lagi-lagi kehidupan pribadi O'Connor yang lebih sering mendapat highlight di media. Ia menikah dengan jurnalis Inggris, Nick Sommerlad dalam sebuah pesta yang digelar rahasia. Pernikahan itu tak berlangsung lama, bahkan tidak sampai dua tahun. Ia lalu merilis album musik tradisional Irlandia, Sean-Nos Nua pada 2002.
(nu2/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com