detikHot

music

Perjalanan Karier Sinead O'Connor, Pernah Ngamen Sebelum Ditemukan Drummer

Jumat, 26 Okt 2018 11:34 WIB Nugraha - detikHot
Foto: Paul Kane/Getty Images
Jakarta - Sinead O'Connor muncul di era 90'an dengan suara kuat dan hit meledak 'Nothing Compares 2 U'. Kemunculan pertamanya sudah memperlihatkan sebuah gebrakan.

Penyanyi asal Dublin tersebut memulai karier musiknya ketika ia ditemukan oleh seorang drummer band In Tua Nua. Kariernya ketika itu langsung meledak setelah sukses dengan single perdananya itu.

Sebelum menyelesaikan sekolah, Sinead memang sudah melarikan diri dari hidup lamanya. Ia bernyanyi dan bermain gitar di jalan dan pub, lalu bekerja untuk layanan telegram nyanyian.

Ia tampil dengan band Ton Ton Macoute, sehingga membuatnya menarik perhatian label rekaman di London. Ensign Record lalu merilis album debutnya 'The Lion and the Cobra' di akhir 1987.

Tonton video: Jadi Mualaf, Sinead O'Connor Kini Tampil Berhijab

[Gambas:Video 20detik]



Kritikus memuji suara kuat dan ekspresif dari O'Connor dan mencatat kompleksitas lagunya yang menarik. Meski tak menelurkan hit besar, album ini terjual lebih dari 500.000.

Album keduanya dirilis 1990. Penyanyi berkepala plontos tersebut jadi bintang internasional setelah merilis hit single 'Nothing Compares 2 U'. Album ini melesat ke puncak tangga Billboard dan meraih empat nominasi Grammy Awards.

Dua album berikutnya, Am I Not Your Girl? (1992) dan Universal Mother (1994), lebih sedikit memiliki dampak, baik secara kritis maupun komersial.

[Gambas:Youtube]


(nu2/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com