5 Musisi Difabel yang Sukses Taklukkan Dunia

Dicky Ardian - detikHot
Senin, 08 Okt 2018 19:00 WIB
Foto: Stevie Wonder (Frederick M. Brown/Getty Images)
Jakarta - Punya keterbatasan ternyata tak membuat para musisi dunia ini membuang impiannya. Berikut adalah 5 musisi difabel yang sukses menaklukkan dunia.


1. Ray Charles

Tak bisa melihat sepertinya tak menghentikan darah seni yang mengalir di tubuh Ray Charles. Bakat bermusiknya seakan mendominasi sehingga ia bisa sukses mendunia dan dikenal sebagai musisi tuna netra.

Nama Ray Charles begitu mendunia pada 1950-an. Bahkan namanya tercatat di "The 100 Greatest Artists of All Time" versi majalah Rolling Stone. Bahkan salah satu lagunya, 'Georgia on My Mind' sukses didaulat sebagai lagu resmi di tempat kelahirannya, Geogia.


2. Tony Iommi

Tony Iommi.Tony Iommi. Foto: Getty Images

Bagi penikmat musik rock, Tony Iommi bukan nama asing. Kepiawaiannya dalam memetik gitar di Black Sabbath begitu memesona.

Ia harus kehilangan dua jarinya pada usia 17 tahun. Niatnya untuk bermusik sempat luntur, sampai akhirnya ia membuat jari palsu dengan lelehan botol plastik.


3. Michael Bolton

Berikutnya juga ada Michael Bolton. Ia sukses memukau dunia berkat lagu-lagu baladanya pada 1990-an, seperti 'Said I Loved You...But I Lied'.

Michael Bolton memang terlihat biasa saja, tapi ternyata ia menderita tuli di salah satu telinganya. Namun mantan vokalis band heavy metal, Blackjack, itu tak menjadikannya masalah. Bahkan ia sudah pernah membawa pulang piala American Music Awards dan Grammy Awards.


4. Stevie Wonder

Stevie Wonder.Stevie Wonder. Foto: Getty Images

Stevie Wonder juga salah satu penyandang disabilitas yang sukses menaklukkan dunia dengan karya musiknya. Meski tak bisa melihat, ia seperti tak ada masalah memainkan piano dan instrumen musik lainnya.

Berkat bakat bermusiknya, Stevie Wonder sudah mengoleksi puluhan piala Grammy Awards. Bahkan lebih dari 30 lagunya hits dan sukses berada di 10 besar tangga lagu Amerika.


5. Beethoven

Beethoven.Beethoven. Foto: Getty Images

Musisi klasik yang satu ini juga tak bisa ditinggalkan begitu saja jika bicara soal prestasi musisi disabilitas. Menjadi penyandang tunarungu tak membuat dirinya kehilangan prestasi.

Telinganya tak bisa lagi mendengar saat Beethoven berusia 20 tahun. Demi bisa memainkan piano, ia menggunakan sebuah tongkat yang digigit dan disambungkan ke soundboard pianonya. Getaran itu membantunya mengira-ngira suara yang dihasilkan piano.

(dar/ken)