detikHot

music

5 Video Klip dengan Modal Fantastis di Dunia, Capai Ratusan Miliar

Rabu, 26 Sep 2018 21:14 WIB Dicky Ardian - detikHot
Madonna (Foto: Getty Images) Madonna (Foto: Getty Images)
Jakarta - Video klip masih jadi daya tarik untuk memikat penikmat musik. Bahkan artis rela merogoh kocek besar demi videonya terlihat maksimal.

Dilihat dari Forbes, ada beberapa klip yang dimodali dengan dana fantastis. Angka produksi itu juga telah diubah karena adanya inflasi agar relevan pada 2018.

Berikut adalah 5 klip dengan dana produksi fantastis di dunia.

1. 'Scream' - Michael Jackson dan Janet Jacson

[Gambas:Youtube]


Dua kakak-adik, Michael dan Janet Jackson punya video klip dengan dana produksi paling mahal di dunia. Padahal video musik tersebut hanya berwarna hitam dan putih.

Gaya futuristik menghiasi 'Scream'. Tak tanggung-tanggung, klip tersebut dimodali hingga USD 7 juta atau Rp 104,3 miliar. Jika dibuat pada tahun ini, mungkin dananya bisa sampai USD 11,2 juta atau Rp 167,5 miliar.

2. 'Die Another Day' - Madonna

[Gambas:Youtube]


Madonna berada di urutan kedua. Ia punya klip 'Die Another Day' yang didanai hingga USD 6,1 juta atau Rp 90,9 miliar.

Video klip tersebut dibuat pada 2002. Jika diproduksi tahun ini, maka Madonna harus menyiapkan dana USD 8,2 juta atau lebih dari Rp 122 miliar.

3. 'Express Yourself' - Madonna

[Gambas:Youtube]


Di nomor ketiga masih bercokok Madonna. Kali ini, ada klip 'Express Yourself' dengan dana produksi hingga USD 5 juta atau lebih dari Rp 74 miliar.

Video tersebut dibuat oleh David Fincher pada 1989. Saat ini, mungkin mereka harus menyiapkan uang sebesar USD 9,8 juta atau Rp 146 miliar.

4. 'Bedtime Story' - Madonna

[Gambas:Youtube]


Tak puas berada di urutan dua dan tiga, posisi empat pun dilibas Madonna. Kali ini ada 'Bedtime Story' yang ia buat pada 1995.

Dana yang dikeluarkan Mark Romanek sebagai sutradara klip tersebut sama dengan video 'Express Yourself', yaitu sekitar USD 5 juta atau Rp 74 miliar.

5. 'Black or White' - Michael Jackson

[Gambas:Youtube]


Ya, lima besar memang cuma miliki Michael Jackson dan Madonna saja. Kali ini, ada 'Black or White' yang berada di posisi lima.

Klip tersebut dibuat pada 1991 dengan dana USD 4 juta atau Rp 59,6 miliar. Jika dibuat saat ini mungkin dananya hingga USD 7,1 juta atau Rp 105 miliar.


(dar/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com