DetikHot

music

10 Lagu Terbaik Sepanjang Masa, Dari Queen hingga Bob Dylan

Jumat, 21 Sep 2018 21:46 WIB  ·   Nugraha - detikHOT
10 Lagu Terbaik Sepanjang Masa, Dari Queen hingga Bob Dylan Led Zeppelin Foto: ledzeppelin.com
Jakarta - Tak terhitung lagu yang telah tercipta di dunia ini. Setiap lagu pun mewakili kenangan bagi masing-masing pendengarnya.

Apa yang pertama kali kalian dengar dari sebuah lagu? Musik, lirik atau penyanyinya? Perpaduan itu juga yang memunculkan sebuah penilaian dari pendengar untuk memilih lagu apa yang terbaik sepanjang masa di thetoptens.

1. Bohemian Rhapsody - Queen

[Gambas:Youtube]



Ini adalah salah satu lagu terbesar yang pernah dibuat manusia. Musik yang benar-benar menawan, secara musikal juga sangat inovatif. Semua pujian datang untuk lagu tersebut.

Freddie Mercury sendiri, sang vokalis band asal Inggris tersebut yang menulis lagunya. Ia datang ke studio dengan hati senang lalu membicarakan sebuah lirik yang dibuatnya dengan teman satu band.

Sementara Brian May cs menganggap lirik tersebut terdengar aneh. Mereka tak bisa memahami apa yang sebenarnya ditulis oleh Freddie saat itu. Bahkan hingga kini, mereka pun tak bisa menjabarkan apa arti sebenarnya dalam lirik lagu tersebut.

Hanya Freddie Mercury sendiri yang tahu apa arti dari lirik yang dibuatnya itu. Karena ia sudah meninggal dunia, arti lagu itu pun akan tetap menjadi misteri.

2. Stairway to Heaven - Led Zeppelin

[Gambas:Youtube]



Kebiasaan Robert Plant dalam bercerita dengan kalimat puitis menjadi sebuah lirik yang menarik dalam lagu ini. Lagu itu pun dianggap sebagai lagu rock nomor satu sepanjang masa.

Apalagi ada kombinasi seimbang antara lirik dengan musik brilian yang dimainkan sang gitaris, Jimmy Page. Diawali dengan petikan gitar Page yang dramatis hingga beberapa tahapan nada klasik.

Solo gitar yang dimainkan dalam lagu ini adalah salah satu permainan terbesar dalam kariernya. 'Stairway To Heaven' adalah lagu legendaris yang dikarang dan dimainkan oleh band terbesar sepanjang masa, Led Zeppelin.

3. Imagine - John Lennon

[Gambas:Youtube]



Hei kalian, jika 'Bohemian Rhapsody' merupakan lagu terbaik sepanjang masa, ada 'Imagine' yang merupakan lagu dari semua abad. Queen dan John Lennon memang bukan saingan karena John adalah Dewa, sementara Queen adalah ratu. Jadi bayangkan ada realitas berbeda di sana.

Lirik yang dibawakan oleh Lennon memang benar-benar inspiratif. Untuk melepaskan pemahaman kita tenang ruang dan waktu. Antara mereka yang masuk surga vs mereka yang terikat di neraka.

Lagu tersebut juga dianggap sebagai lagu cinta terbaik. Sebuah mahakarya yang pernah ada di dunia dengan pesan sederhana dan sangat mendalam.

4. Smells Like Teen Spirit - Nirvana


[Gambas:Youtube]



Nirvana tentu saja jadi band favorit para pecinta musik. Kita tentu saja masih begitu merindukan sosok Kurt Cobain yang jenius.

Lagu 'Smell Like Teen Spirit' sebenarnya jauh dari lagu terbaik Nirvana, apalagi lagu terbaik sepanjang masa. Ini malah mungkin salah satu lagu terburuk dari album Nevermind.

Tapi lagu itu punya hal yang tak bisa dinilai. Sebuah mahakarya yang mengubah banyak hal di dunia rock.

5. Hotel California - Eagles

[Gambas:Youtube]



Lagu ini mempunyai lirik yang luar biasa dengan musik yang keren. Ini benar-benar menjadi yang sempurna.

Musik indah itu dipadukan dengan vokal yang tepat. 'Hotel California' adalah salah satu lagu terbaik yang pernah ada! Ini seperti nyanyian tempat kita bisa bernyanyi bersama dan menari!

6. One - Metallica

[Gambas:Youtube]



Lagu yang luar biasa dan mengharukan, menarik sekali bagi penggemar trash metal pada umumnya. Bahkan lagu itu juga tak asing di telinga penggemar pop karena kalian tak perlu membantu dan hanya tersipu dalam bunyi epiknya.

Metallica adalah yang terbaik, lagu ini benar-benar memperlihatkan apa yang mereka inginkan. Sebuah kegelapan yang memenjarakan pendengarnya.

Jika kalian bukan penggemar metal dan biasanya mengejek jenis musik ini, kalian akan melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri. Singkirkan segala stereotip yang mungkin kalian miliki, ambil sepasang headphone lalu dengarkanlah.

7. Comfortably Numb - Pink Floyd

[Gambas:Youtube]



Sebuah mahakarya dari Pink Floyd dengan gitar solo keren, lirik yang hebat sehingga menghasilkan lagu yang bagus. Sebuah lirik yang mengerikan, yang menceritakan segmen tentang band dalam album yang protagonis.

Lagu tersebut ada hubungannya dengan pertempuran Pink Floyd dengan dunia. Liriknya menampilkan interaksi antara seorang dokter dan pasiennya.

Guilmour dan Waters berbagi kredit untuk lagu ini karena musiknya dibuat oleh Guilmour dan lirik oleh Waters.

8. Hey Jude - The Beatles

[Gambas:Youtube]



Jujur hampir semua lagu Beatles bisa masuk daftar! Tapi tentunya yang ini berbeda karena terdengar klasik.

Ada sesuatu yang membuat tulang punggung pendengarnya merinding dan membuat kita ingin bernyanyi bersama setiap waktunya. Lagu ini yang terhebat dalam urusan itu.

Liriknya berisi pesan positif dengan nada menakjubkan. Lagu yang abadi dan jujur. Tak ada yang bisa membantu kita untuk tidak berhenti melantunkan na-na-na-na dalam karya tersebut.

9. Sweet Child O'Mine - Guns N 'Roses

[Gambas:Youtube]



Band jenius yang memiliki sosok Slash pada lead gitarnya. Sebuah intro dan permainan solo yang memukau para pecinta musik rock.

Perpaduan suara Axl Rose juga membuat karya tersebut makin sempurna, apalagi sebelum mulai menyanyi sautan suara bass dan ritmik gitar dalam lagu itu juga bisa dengan mudah mengangkat semangat.

Meski banyak yang meragukan lagu ini sebagai yang terbaik, tapi pecinta sejarah musik Hard Rock bakal setuju dengan pilihan ini.

10. Like a Rolling Stone - Bob Dylan

[Gambas:Youtube]



Lagu ini membawa kita pada sebuah perjalanan indah, pemandangan hingga halusinasi. Dengarkan, dan bayangkan dia ada di sana, dalam sebuah singgasana.

Sebuah lirik yang membawa kita pada tahta dan cinta yang dituturkan dengan dingin. Sampai-sampai banyak yang bertanya, bagaimana seorang pria bisa menuliskan lagu seperti itu?

Jenius adalah kata yang sudah digunakan belakangan ini, tapi sosok Bob Dylan memang benar-benar real deal!



(nu2/ken)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed