ADVERTISEMENT

Berawal dari Tarung Rap, Laze Jadi Idola Baru Hip Hop

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 18 Sep 2018 13:28 WIB
Foto: dok. Laze
Jakarta - Harvi Parkasya atau yang dikenal dengan nama Laze kini menjadi salah satu penggawa hip hop kenamaan di Tanah Air. Saat ini Laze telah merilis album penuh perdananya yang berjudul 'Waktu Bicara'.

Ia tak hanya menjadi idola kaum muda penggila musik yang kental dengan ceracau berima itu, tapi juga salah satu yang paling berpengaruh pada genre tersebut di era sekarang.

Laze bercerita bahwa 11 tahun yang lalu, saat usianya masih 15 tahun, ia mengikuti sebuah kompetisi rap battle dimana Saykoji menjadi jurinya.



Belasan tahun berlalu, kini ia justru duduk sebagai juri dalam sebuah kompetisi pencarian bakat musisi hip hop bersama Saykoji dan Iwa K. Dirinya mengenang, pada saat itu rap battle sangat lah berbeda dengan yang ada saat ini.

"Gue pertama ikut rap battle di acara yang dibuat sama Saykoji. Dulu nggak ada platform acara hip hop. Gue rap battle beneran di trotoar dan sosial media belum se-booming sekarang. Jadi nggak ada hype tertentu dari menang-menang rap battle waktu gue masih umur belasan tahun," kisahnya saat ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan baru-baru ini.
Berawal dari Tarung Rap, Laze Jadi Idola Baru Hip HopFoto: dok. Laze

Kendati tidak mendapatkan sorotan sebanyak sekarang, menurut Laze, pengalamannya mengikuti rap battle adalah hal yang tetap berpengaruh untuk dirinya. Kemenangannya saat itu dianggapnya sebagai penguat tekadnya untuk terus konsisten berkarier di industri musik.

"Yang jelas itu membakar semangat gue untuk terus ada di industri musik kalau jalan gue tuh memang ada di industri ini," ungkapnya.

Setelah menjadi pemenang dari rap battle, Laze mengatakan, untuk tetap bisa berada di industri, seorang rapper harus memiliki konsistensi dan kemampuan lebih.

Ia pun melihat, apabila ingin berkarier di musik, seorang rapper pun tak bisa menutup mata bahwa mereka juga harus melek terhadap perkembangan industri.

"Mungkin sekarang orang cuma tahu kalau, oke Laze jago freestyle atau misalkan Laze bisa nge-rap spontan, tapi sebenarnya yang harus bisa gue buktikan pada saat ini lebih dari itu," katanya.

"Mau nggak mau ketika lo ingin masuk dan berkarier di musik lo harus masuk ke bisnis musik dan bisnis musik adalah bisnis konten juga akhirnya," sambungnya.

Oleh sebab itu, Laze menilai bahwa memenangkan rap battle bisa saja menjadi bekal. Akan tetapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana seorang rapper bisa mengembangkan diri dan konsisten setelah memenangkan kompetisi.

"Menurut gue itu jadi bekal dan pengalaman gue aja, tapi alangkah bagusnya kalau karier lo yang dimulai dari rap battle saat ini, dan lo buktiin lo bisa rap battle, lo bisa bikin lagu, orang mungkin akan lihat lo sebagai rapper yang beneran pantas bukan terkenal karena followers atau karena sensasi saja," tuturnya.


Tonton video bertema hip hop lainnya di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(srs/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT