DetikHot

music

Perjalanan 10 Tahun DWP Berujung di Pulau Dewata

Senin, 20 Ags 2018 14:07 WIB  ·   Yana Gabriella Wijaya - detikHOT
Perjalanan 10 Tahun DWP Berujung di Pulau Dewata Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Tahun ini Djakarta Warehouse Project bakal digelar di Bali. Meski dianggap tetap relevan, DWP tak sesuai dengan namanya.

Banyak rumor yang mengatakan bahwa DWP tidak mengantongi izin dari pemerintah DKI Jakarta atau desakan dari banyak masyarakat untuk tidak mengelar festival musik dance terbesar di Asia itu.

Pihak DWP sendiri meluruskan kepada detikHot bahwa sejak awal, DWP ke 10 ini memang direncanakan untuk digelar di Bali dan tidak karena isu lainnya.

Namun bagaimana tanggapan para netizen tentang hal ini? "Dewata Warehouse Project nih lo!!" tulis @nadwipa dalam kolom komentar Instagram milik DWP.

"Bring Back to Jakarta next year," tulis @amirulelias. Sedangkan @leonardusnoveano menambahakan hastag #2019BalikKeJakartaLagi. Memang banyak pro dan kontra tentang perpindahan DWP ke Bali.

DWP pertama kali digelar pada tahun 2008 dengan nama Blowfish Warehouse Project. Cikal bakal dari Djakarta Warehouse Project yang awalnya bernama Blowfish Warehouse Project diadakan secara indoor di club yang bernama Blowfish.

Tahun 2009 DWP vakum dan kembali hadir pada tahun 2010 dengan nama Djakarta Warehouse Project hingga sekarang. Tahun 2011 konsep indoor musik festival diganti menjadi outdoor.

Setahun kemudian, DWP didakan kembali dengan mendatangkan DJ papan atas dunia seperti Calvin Haris dan Avicii. Festival itu diselenggarakan pada bulan Desember di Istora Senayan Jakarta.
DWP 2016DWP 2016 Foto: Asep Syaifullah

2013 DWP semakin banyak dibicarakan pecinta musik elektronik di Indonesia maupun di luar Indonesia. David Guetta sukses menguncang pangung DWP saat itu, di samping itu juga Alesso dan Zed.

Di tahun selanjutnya, DWP kembali dengan menghadirkan Martin Garriz, Skrillex dan Steve Aoik pada tanggal 12-13 Desember 2014.

Berlokasi di JIExpo Kemayoran, Jakarta DWP tahun 2015 kembali diadakan di bulan Desember. Jack U, Major Lazer, DJ Snake sukses memuaskan para penonton dengan kualitas apik musik mereka.

Tahun 2016, DWP hadir dengan nama yang lebih besar, special stage dari Life in Color Kingdom tak ketinggalan. Semprotan cat warna-warni berhasil meramaikan selama acara berlangsung. Hal tersebut merupakan pengalaman pertama di Indonesia dalam sebuah konser.

Untuk tahun 2017, Galantis, Hardwell, dan Steve Aoki serta deretan DJ lainnya berhasil membuat DWP pecah. Saat itu DWP juga menghadirkan rapper kebanggan Indonesia Rich Brian, yang dulu masih di sebut Rich Chiga.

Tahun demi Tahun DWP telah mewarnai bulan Desember dengan menyuguhkan festival musik elektronik kelas dunia. DWP secara apik mengundang masyarakat dunia untuk hadir dalam festival ini setiap tahunnya. DWP juga tidak berhenti menampilkan deretan DJ top luar dan dalam negeri.

Sementara, tahun ini DWP juga tidak mengendurkan bintang tamu yang hadir. The Weeknd, Alesso, DJ Snake, Major Lazer Soundsystem hingga RL Grime bakal tampil, meski pada akhirnya DWP kini digelar di Garuda Wisnu Kencana Bali. Jadinya Denpasar Warehouse Project?

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui alasan pemindahan lokasi penyelenggaraan DWPX di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(nu2/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed