DetikHot

music

Walau Bukan Official Anthem, Lagu-lagu Piala Dunia Ini Fenomenal

Senin, 09 Jul 2018 11:52 WIB  ·   Janaka Narendra - detikHOT
Walau Bukan Official Anthem, Lagu-lagu Piala Dunia Ini Fenomenal Foto: Ed Sykes/Reuters
Jakarta - Piala Dunia 2018 sudah memasuki babak puncak. Tahun ini lagu resmi untuk Piala Dunia Rusia dibawakan oleh Jason Derulo dengan judul Colors.

Sayangnya banyak pihak yang merasa bahwa lagu meriah ini kurang membekas dalam ingatan jika dibandingkan dengan lagu-lagu Piala Dunia lainnya. Bahkan dengan lagu-lagu yang bukan anthem resmi utama berikut.

1. New Order - World in Motion saat Piala Dunia 1990 Italia

[Gambas:Youtube]



Pada Piala Dunia 1990 Bernard Sumner dan bandnya New Order merilis lagu untuk Timnas Inggris. Ini merupakan permintaan dari The Football Association Press Officer pada masa itu, David Bloomfield. Hasilnya adalah lagu perpaduan pop elektronik dan rap yang mengena banget.

2. Bellini - Samba e Gol saat Piala Dunia 1998 Perancis

[Gambas:Youtube]



Anda pasti mau tidak mau akan ikut bersenandung ketika mendengar lagu bernada samba dari Bellini ini. Walaupun tanpa lirik, namun Samba e Gol mampu bercokol di telinga para penikmat sepak bola dunia. Bahkan hingga sekarang.

3. Chawki - Time Of Our Lives saat Piala Dunia 2014 Brazil

[Gambas:Youtube]



Dengan nuansa dance kental dan reff yang catchy, tak heran kalau Time of Our Lives dari Chawki bisa mencuri perhatian. Lagu ini bahkan punya beberapa versi bahasa berbeda, Arab, Perancis, dan Inggris.

4. Queen - We Are the Champion saat Piala Dunia 1994 Amerika Serikat

[Gambas:Youtube]



Selain memang sudah jadi lagu legendaris, We Are the Champion adalah lagu yang sangat menggugah semangat dari Queen. Termasuk semangat sportifitas saat Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

5. Chumbawamba - Tubthumping saat Piala Dunia 1998 Perancis

[Gambas:Youtube]



Tubthumping juga merupakan lagu yang pasti bikin Anda bersenandung penuh nostalgia saat mendengarkannya. Walau lagu ini bukan lagu official World Cup 1998, namun lagu karya grup Chumbawamba ini berhasil melekat di kenangan anak 90-an.

6. K'NAAN- Wavin Flag saat Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

[Gambas:Youtube]



Ketika akhirnya Piala Dunia digelar untuk pertama kalinya di tanah Afrika, tentu ada euforia tak terkira yang muncul. K'Naan sebagai musisi berdarah Somalia merilis lagu dengan irama catchy dan lirik bermakna. Banyak yang salah kaprah mengira ini lagu official Piala Dunia 2010 padahal bukan!

7. Shakira - La La La saat Piala Dunia 2014 di Brazil

[Gambas:Youtube]



Lagi-lagi sebuah lagu unofficial yang merebut perhatian dan disangka lagu resmi. La La La dan Shakira begitu ikonik sampai-sampai banyak yang membandingkannya dengan lagu official pada saat itu We Are One dari Pitbull. Shakira pun disebut-sebut sebagai ratunya lagu Piala Dunia.



(nu2/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed