detikHot

music

Echa Soemantri Soal Drummer Muda: Kemampuan Harus Dibarengi dengan Sikap

Rabu, 04 Jul 2018 17:18 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Echa Soemantri. Foto: Asep Syaifullah Echa Soemantri. Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Drummer Echa Soemantri mengaku gembira melihat perkembangan drummer di Tanah Air. Ia melihat, saat ini, makin banyak anak-anak yang belajar drum sejak usia belia. Tentunya hal tersebut merupakan sinyal positif.

Namun menurut Echa, kemampuan yang besar haruslah dibarengi dengan sikap yang baik.

"Potensinya gede banget, besar sekali. Tapi yang paling penting, attitude mereka juga harus ada, dibarengi dengan potensi itu," tuturnya kepada detikHOT saat ditemui di acara Kumpul ID, Kuningan City, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Bak dua sisi mata uang, Echa Soemantri melihat ada hal baik dan juga hal buruk dari drummer-drummer generasi penerus. Untuk itu Echa mengatakan, sudah seharusnya para drummer muda untuk tidak berhenti belajar.

"Generasi penerus menurutku terbagi dua ya. Satu yang positif, satu yang negatif. Menurutku yang positifnya, mereka mau belajar ya, appreciate ilmu. Tapi yang negatifnya mereka terlalu meremehkan pembelajaran. Mereka maunya maju dengan cara yang mungkin nggak baik sebetulnya. Jadi mereka harus ngerti betapa pentingnya pelajaran, edukasi," terangnya.

Untuk para anak muda yang ingin menjadi drummer, Echa Soemantri pun meminta mereka untuk tidak perlu ragu. Sebab Echa melihat, saat ini, profesi drummer adalah pekerjaan yang menjanjikan.

"Bisa banget, aku percaya, kalau memang jalan dari Tuhan tuh kita jadi musisi sangat menjanjikan dan potensinya besar banget," katanya.


(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com