detikHot

music

Senandung Kasih dari Sahabat untuk Ari Malibu

Jumat, 01 Jun 2018 08:55 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Dyah Paramita Saraswati Foto: Dyah Paramita Saraswati
Jakarta - Musisi Ari Malibu sedang tidak dalam kondisi yang baik. Sejumlah sahabat pun membuat sebuah konser intim demi membantu proses penyembuhan personel AriReda tersebut.

Konser bertajuk 'Lagu Kasih Untuk Ari' tersebut diadakan di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2018). Teman duet Ari, Reda Gaudiamo membuka acara yang diprakarsai oleh Jodhi Yudono tersebut.

"Tadi siang, pukul setengah 2 sebelum kemari, saya bertemu Ari. Saya pamit, saya mau ke Bentara Budaya, dia nggak bisa ngomong, tapi dia mengacungkan jempol dan memegang tangan saya erat-erat," cerita Reda dengan haru.

Menurut Reda, saat ini Ari tengah menjalani perawatan di ruang ICU. Kondisi kesehatannya memang menurun karena penyakit kanker kerongkongan yang tengah diidapnya. Reda menuturkan, sahabatnya tersebut masih dalam kondisi sadar dan bisa berkomunikasi meski tanpa kata.

Putri dari Ari Malibu, Genta Athena Malibu juga hadir dalam konser tersebut. "Saya atas nama keluarga besar berterima kasih banget, pasti energi yang terkumpul di sini sampai ke ayah," ujarnya.

Sejumlah musisi meramaikan konser tersebut. Mulai dari grup musik bentukan Ari, Renjana, yang membawakan musikalisasi puisi 'Derai-Derai Cemara' (Chairil Anwar) dan 'Putra Padjadjaran' (Ajip Rosidi), dilanjutkan dengan penampilan dari Maya Hasan yang membacakan puisi 'Aku Ingin' (Sapardi Djoko Damono) sambil memainkan harpanya.

Penyanyi Mian Tiara juga ikut menyumbangkan suaranya. Ia menyanyikan lagu 'Cakrawala' dan 'Tondoku'. "Saya nggak ingat kapan tepatnya saya kenal dengan mas Ari, tapi beliau menjadi salah satu yang begitu dekat di hati. Kami berteman baik, lalu saya dengar berita tentang mas Ari, dan tidak ada satu hari pun yang saya lewatkan tanpa berdoa untuknya," kata Mian Tiara.

Suasana menjadi haru ketika salah satu sahabat Ari, Tika Bisono tampil membawakan dua lagu yang menurutnya, menjadi lagu yang sering ia bawakan bersama dengan Ari.

Tika Bisono mengajak penonton mengikuti perjalanan kilas balik perkenalan antara dirinya dan Ari Malibu yang terjadi di kampus Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Saat itu, dirinya masih mengenyam pendidikan di Fakultas Psikologi.

"Ari bukan anak UI, tapi Ari fit in di sana. Di situ saya juga bertemu Reda, dia di Sastra, saya di Psikologi," kenang Tika Bisono.

Ia mulai menitikan air mata ketika bercerita bahwa lagu yang ia bawakan merupakan lagu yang pada malam ia nyanyikan untuk Ari Malibu di ruang ICU. "Lagu ini yang mempertemukan saya sama Ari di sebuah panggung jaman dulu," tuturnya bergetar.

Pandangannya kemudian menerawang ke atas ruangan, tempat lampu panggung tergantung. "Ari senang banget ditonton, ditepuktanganin, dan dia suka sama flash lighting. Dia sangat menikmati itu, karena buat dia, hidup adalah pengabdian," ucapnya selepas membawakan 'Today' dan 'My Sweet Lady' milik John Denver.

Ira Wibowo, Oppie Andaresta, Kadri Mohamad, Tony Wenas, Marusya Nainggolan, dan lain-lain menjadi sejumlah musisi yang turut berpartisipasi dalam konser tersebut.

Bagi yang tidak hadir ke konser namun ingin melakukan donasi untuk kesembuhan Ari, dapat memberikan bantuannya lewat rekening BCA 6760314372 atas nama Genta Athena Malibu.

Ari Malibu mulai bermusik sejak 1980-an. Bersama AriReda, ia popular lewat sejumlah lagu musikalisasi puisi. Ia juga pernah tergabung dalam Pahama.

Selain berada di depan layar, ia juga banyak terlibat dalam penggarapan album sejumlah musisi.


(srs/mah)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com