DetikHot

music

John Paul Ivan Serius Kawal Pencatutan Nama di Kasus '#2019GantiPresiden'

Senin, 28 Mei 2018 19:52 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
John Paul Ivan Serius Kawal Pencatutan Nama di Kasus #2019GantiPresiden John Paul Ivan Foto: Dyah Paramita Saraswati
Jakarta - Pekan lalu, musisi John Paul Ivan melaporkan situs pribuminews.co.id karena pencemaran nama baik. Ia tak bersedia namanya dicatut begitu saja dan disebut sebagai pencipta dari lagu '#2019GantiPresiden'.

Memasuki minggu kedua dari pelaporan tersebut, bagaimana kelanjutan perkara itu?

"Update terbaru kami masih tunggu kabar panggilan dari Bareskrim. Proses penyidikan ya, jadi sementara ini masih kaya kemarin saja, istilahnya pelaporan, kasus ini jalan," ungkapnya saat ditemui di Apartemen Semanggi, Pejompongan, Jakarta Pusat, Senin (28/5/2018).

Menurut John Paul Ivan, ia akan tetap menempuh jalur hukum meskipun pihak lawan menawarkan mediasi.


Kendati menemukan banyak situs lain yang juga mengkloning berita dari situs Pribuminews tersebut, hingga saat ini John Paul Ivan masih baru melaporkan satu situs yang dianggapnya menjadi sumber dari tulisan bohong tersebut.

"Kalau klining pasti ada, karena mungkin orang lihat, dari muncul berita, copy-paste, dimunculkan saja. Tapi yang bermasalahkan yang pertama kali merilis dan mereka sendiri punya buzzer. Itu yang bikin cepat (persebaran berita)," ujarnya.

Yang dilaporkan oleh John Paul Ivan adalah kantor berita beserta pengelolanya. Kendati nama yang tercantum sebagai pengelola situs sempat diganti dengan nama lain, John Paul Ivan tetap akan bersikukuh untuk melanjutkan kasus tersebut hingga tuntas.

"Ya banyak yang pintar memblejeti (menbongkar/mengganti), mereka langsung berubah-ubah (nama pengurus), akunnya dihapus, nah ini sebenarnya kuasa penyidik," kata John Paul lagi.

"Ya secara media (akan diusut), termasuk pemred lain-lainnya," tambahnya.
(srs/dar)

(srs/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed