DetikHot

music

Band Punk Rock Terproduktif, NTRL Sudah Rilis 160 Lagu

Jumat, 18 Mei 2018 11:48 WIB  ·   Dicky Ardian - detikHOT
Band Punk Rock Terproduktif, NTRL Sudah Rilis 160 Lagu NTRL Foto: Asep Syafullah
Jakarta - Saat ini, NTRL sudah genap berusia 25 tahun. Tidak terasa, trio Bagus, Eno, dan Coki sudah merilis total 160 lagu.

Nama NTRL, yang dulu dikenal Netral, mulai menebar kebisingannya pada 16 Oktober 1992 di sebuah diskotik bernama Voila di bilangan Jakarta Selatan. Kala itu, mereka berhasil mencuri perhatian lewat 'Come As You Are' dari Nirvana.

Pada 1995, Netral menandai keseriusan bermusiknya lewat album 'Wa..lah', yang saat itu posisi drummer masih dikuasai Bimo. Di album itu, mereka berhasil menjual lebih dari 80 ribu kopi album.


Selanjutnya, Netral makin melesat. Mereka berhasil menjadi band pembuka Foo Fighters, Sonic Youth, dan Beastie Boys.

Namun perpecahan terjadi di dalam badan Netral. Bimo memutuskan cabut dan posisinya digantikan oleh Eno.

Setelah itu, Netral semakin moncer namanya di panggung musik. Sederet album berhasil mereka terlurkan hingga pada 2015, bertepatan dengan dirilisnya album ke-13 mereka, '11/12', grup band itu berganti nama menjadi NTRL.

Hingga saat ini, seperti yang tertuang dalam keterangan persnya, Jumat (18/5/2018), NTRL sudah sukses melepas 160 lagu. Momen itu terjadi pada usia 25 tahun mereka.

NTRLNTRL Foto: Asep Syafullah
Angka tersebut juga sudah digenapi dengan lagu 'Zero Toleransi' yang belum lama ini mereka rilis. Kemudian ada juga album 'XXV' yang berisi tujuh lagu di dalamnya.

Catatan itu membuat NTRL menjadi salah satu band punk rock yang paling produktif. Para personelnya pun girang dengan pencapaian tersebut.

"Akhirnya kami bisa punya lagu baru lagi setelah 3 tahun, sekaligus juga memberikan rearrangement lagu-lagu lama terbaik kami," ungkap Bagus.
(dar/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed