DetikHot

music

YouTube Akan Cantumkan Nama Penulis Lagu dalam Videonya

Kamis, 17 Mei 2018 11:07 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
YouTube Akan Cantumkan Nama Penulis Lagu dalam Videonya Ilustrasi YouTube. Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - YouTube baru saja mengumumkan kebijakan barunya. Mereka akan mencantumkan nama musisi, penulis lagu, label, hingga publisis musik dari semua video yang mengandung musik.

Saat ini, dalam video dengan konten musik hanya tersedia kolom untuk menuliskan sutraara, produser, dan musisi pendukung dalam deskripsinya.

Dikutip dari Pitchfork Kamis (17/5/2018), kolom deskripsi yang disebut bagian 'Music in this video' akan diubah.

Pencantuman nama tersebut berlaku tidak hanya untuk para kreator asli dari musik tersebut, namun juga untuk para penggemar yang mengunggah lagu dari musisi idolanya.

Hal tersebut merupakan kegunaan lanjutan dari Content ID yang mempergunakan informasi dari pemilik hak cipta untuk mengidentifikasi sebuah konten. Platform inilah yang digunakan untuk menemukan dan memblokir video dengan hak cipta yang diunggah tanpa izin.

Bulan lalu, YouTube juga mengumumkan akan menambah jumlah iklan untuk orang yang menggunakan YouTube untuk mendengarkan lagu. Hal itu dilakukan agar orang beralih pada layanan musik berlangganan baru milik YouTube.

Global Head of Music YouTube, Lyor Cohen, mengatakan, "Kami tentunya tidak akan senang apabila mendapatkan iklan setelah mendengarkan jamming dari lagu 'Stairway to Heaven'."
(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed