Kenangan Gibson dari Johnny Marr hingga Noel Gallagher

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 03 Mei 2018 13:06 WIB
Noel Gallagher salah satu pengguna gitar Gibson. Foto: Tim P. Whitby/Getty Images
Jakarta - Perusahaan gitar Gibson yang telah berumur lebih dari 100 tahun dikabarkan bangkrut. Merek dagang berbasis di Nashville tersebut gulung tikar karena tak mampu membayar utang.

Saat ini, perusahaan tersebut masih melakukan upaya untuk dapat melunasi utang mereka.

Gibson dikabarkan akan melepaskan beberapa unit bisnis sampingannya, misalnya audio dan hiburan di rumah. Mereka akan fokus pada alat musik dan melakukan beberapa perombakan.

Akan ada banyak pihak yang merindukan kehadiran gitar Gibson apabila pabrik mereka benar-benar tutup. Mereka adalah musisi-musisi dunia yang menggunakan gitar tersebut.

Gitar Gibson yang paling popular adalah seri Les Paul dan Flying V yang digunakan oleh Keith Richards dari Rolling Stones dan Slash dari Guns N Roses.

Dilansir dari Manchester Evening News pada Kamis (3/5/2018), instrumen yang dihasilkan oleh Gibson juga pernah menjadi favorit dari Eric Clapton, sebelum punya kerjasama dengan Fender.

Tak hanya itu, pada 2011, Noel Gallagher pernah menyebutkan gitar Gibson 355 keluaran tahun 1960-an miliknya sebagai 'dasar dari segalanya'.

Jenis gitar yang sama juga digunakan oleh Johnny Marr dari The Smiths ketika menulis salah satu lagu paling popularnya 'Heaven Knows I'm Miserable Now'.

Tercatat sejumlah musikus lainnya juga bermusik menggunakan Gibson, mereka adalah B.B. King, hingga Bob Marley. (srs/nu2)