Jujur dalam Berkarya, Nadya Fatira Sering Curhat Lewat Lagu

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 27 Apr 2018 17:38 WIB
Nadya Fatira. Foto: Nugraha
Jakarta - Penyanyi Nadya Fatira mengatakan dirinya kerap mencurahkan isi hatinya lewat lagu. Terutama untuk lagu yang ia bawakan sendiri.

"Semua lagu gue pasti berangkat dari pengalaman personal kok. Jadi kalau buat yang gue bawain sendiri ya, kalo yang compose buat penyanyi lain, kadang by request. Cuma kalau yang buat diri gue sendiri, gue selalu masukin unsur personal, karena kalo nggak gitu, gue nggak bisa menghayati. Nggak dapet nyanyinya," ungkapnya kepada detikHOT usai manggung di acara d'HOT Music Day, baru-baru ini.

Sebagai contohnya adalah lagu 'Penyendiri' yang ia rilis di pertengahan 2017 lalu. Lagu tersebut menurutnya sangatlah personal karena menceritakan tentang diirnya sendiri.

"Salah satunya 'Penyendiri' itu lagu tentang diri gue sendiri. Gue ngomongin diri sendiri, kayanya nggak akan ada yang ngerasa juga, eh nggak taunya banyak banget yang sama," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]


"Ternyata benar kata orang, sebuah karya yang jujur, sepersonal apapun, ternyata bisa ngena juga," sambungnya.

Kendati sering kali menulis lagu yang berangkat dari pengalaman pribadinya, Nadya Fatira tidak melulu menulis tentang tema yang itu-itu saja.

Misalnya, ia mengaku dirinya kini tengah menghindari lagu-lagu bertemakan cinta. Bahkan dalam materi album keduanya nanti, hanya ada dua lagu yang bertemakan cinta.

"Gue lagi pengen menghindar dari tema cinta. Menurut gue, aduh lo jadi songwriter jangan males lah cari tema lain. Masa lo tema cinta doang. Maksudnya, gue udah banyak banget bikin lagu cinta buat orang, bukan buat diri gue sendiri. Nah buat gue, gue pengen banget ngangkat tema-tema yang nggak biasa gitu," tuturnya.

(srs/nu2)