DetikHot

music

The Overtunes Redam Ego Adik-Kakak dalam Penulisan Lagu

Jumat, 13 Apr 2018 14:55 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
The Overtunes Redam Ego Adik-Kakak dalam Penulisan Lagu The Overtunes. Foto: Nugraha
Jakarta - Berada dalam satu band dengan saudara memang tak mudah. Hal tersebut diakui oleh tiga bersaudara, Mada Emmanuelle Brahmantyo, Reuben Nathaniel Brahmantyo, dan Mikha Angelo Brahmantyo yang tergabung dalam The Overtunes.

"Mungkin ini juga susahnya sama kakak-adek gini sih. Jadi kita antara saling menjaga biar nggak saling menyakiti gitu, perasaan masing-masing, atau malah sekaligus nyakitin banget," tutur Mikha Angelo kepada detikHOT, baru-baru ini.

Ketiganya bercerita, perbedaan pendapat memang kerap terjadi di antara mereka. Silang pendapat itu bukan hanya terjadi sebagai kakak beradik, namun juga dalam proses penggarapan musik.

The Overtunes.The Overtunes. Foto: Asep Syaifullah


Namun, bagi ketiganya, justru perbedaan pendapat itu yang membuat musik The Overtunes lebih berwarna.

"Ya mungkin itu salah satu yg bikin seru juga sih. Mungkin kalau ngeband nggak ada perbedaannya, ya nggak saling berkembang kali yah. Ya itu sih paling (solusinya) mentoleransi," sambung Mikha Angelo.

Ketika bentrok argumentasi terjadi dalam proses penggarapan lagu, Reuben dan Mikha sepakat bahwa Mada sebagai kakak tertua menjadi pihak yang paling banyak mengalah.

"Mada (lebih banyak) ngalah sih. Mada sering minta bantuan, padahal kadang-kadang bantuannya aku sama Mikha ngurangin liriknya (yang dibuat) Mada, kami ganti-ganti. Sedangkan aku sama Mikha kalau minta bantuin lebih nyolot ya," cerita Reuben.

Meski demikian, Mikha melihat, biasanya yang paling kekeuh mempertahankan argumen adalah ia yang muncul dengan ide dan membuat lagu sedari awal.

The Overtunes.The Overtunes. Foto: Nugraha


"Biasanya yang egonya paling tinggi itu yang bikin lagu dari awal sih, jadi biasanya Reuben misalnya, udah bikin lagu dari verse sampai reff, dateng ke aku, aku mau ganti liriknya, terus nggak boleh, ya nggak apa-apa, kan emang dia bikin lagu dari awal," kata Mikha.

Terbiasa bermusik bersama sejak kecil, pada akhirnya membuat mereka saling mengenal selera dan arah musik masing-masing. Para personel The Overtunes sepakat, berusaha saling memahami adalah kunci dari kekompakan mereka.

"Tapi secara kami dari kecil udah main musik bareng, jadi tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi kaya misalkan aku tulis lagu, aku tahu Mada dan Mike, nggak mungkin nulis yang terlalu rendah atau terlalu tinggi untuk mereka," ujar Reuben.




(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed