DetikHot

music

Dituduh Monopoli Artis, Coachella Digugat Festival Musik Lain

Kamis, 12 Apr 2018 07:53 WIB  ·   Dicky Ardian - detikHOT
Dituduh Monopoli Artis, Coachella Digugat Festival Musik Lain Suasana di Coachella Foto: Getty Images
Jakarta - Lima hari sebelum digelar, Coachella digugat oleh festival musik lainnya. Coachella dituduh memonopoli para artis untuk tidak bermain di acara lain.

Diberitakan Variety, gugatan itu dilayangkan oleh Soul'd Out Production. Gugatan itu dibuat pada Senin (9/4) lalu.

Awalnya, festival yang akan digelar di Portland, Oregon itu ingin mengundang SZA, Daniel Caesar, dan Tank and the Bangas untuk manggung di acaranya. Namun para musisi tersebut menolak dengan alasan ada klausul dalam kontrak dengan Coachella yang telah mereka tandatangani.


Klausul tersebut sebenarnya lumrah di industri konser. Beberapa festival meminta para artis untuk tidak manggung di acara musik lainnya dengan radius jarak atau waktu tertentu.

"Dengan klausul ini, tergugat melarang artis yang akan tampil di Coachella untuk tampil di festival lain dalam jarak 1.300 mil (2.000 KM) dan dalam rentang waktu lima bulan sekitar Coachella," begitu pernyataan Soul'd Out Production.

Lebih jauh, Soul'd Out Production menuduh Coachella mematikan festival musik lainnya dengan klausul itu. Mereka juga menuding Coachella menggunakan nama besarnya untuk memaksa musisi tidak menerima tawaran lain.

"Oleh karena tergugat punya kekuatan pasar yang besar, mereka memaksa musisi untuk setuju pada larangan yang tidak sesuai ini," ujar pewakilan dari Soul'd Out Production.


Rencananya, Coachella akan digelar pada 13 hingga 22 April 2018. Selain artis-artis tadi, Beyonce, Eminem, hingga The Weeknd akan meramaikan festival tersebut.


(dar/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed