Buku Cerita Iwa K dalam Konser 'Batman Kasarung'

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 05 Apr 2018 06:13 WIB
Iwa K Foto: Dyah Paramita Saraswati
Jakarta - Konser tunggal Iwa K yang bertajuk '25th Anniversary Concert: Batman Kasarung - Iwa K' akhirnya terselenggara di The Pallas, SCBD, Jakarta Selatan pada Rabu (4/4/2018).

Sesaat sebelum konser benar-benar dimulai, panggung tampak gelap. Tiba-tiba suara Iwa K membacakan prolog terdengar. Prolog tersebut kurang lebih berisi ungkapan rasa syukurnya kepada Tuhan YME terhadap perjalanan karier yang telah ia lalui.

Iwa K tiba-tiba saja hadir di atas panggung. Ia berdiri membelakangi penonton dengan jubah bertuliskan 'Indonesian With Attitude' (IWA). Ketika jubah itu di lepas, Iwa K mulai membuka konsernya dengan lagu pertama, yakni 'Nombok Dong'.

Selepas membawakan lagu kedua 'Manusia Malam', Iwa K mengajak para penonton untuk bernostalgia. "Mungkin buat lo yang udah ngerasain 90's, mau ngerasain 90's lagi atau buat kalian yang penasaran sama 90's," tuturnya.


Para penonton yang hadir pun langsung diganjar oleh sejumlah lagu, mulai dari 'Tikus Got', 'Kram Otak', hingga 'Topeng'.

Di tengah-tengah konser, RamenGvrl menjadi bintang tamu pertama yang tampil. Bersama Iwa K, keduanya membawakan lagu 'Chillin (All Right)'. Tampaknya Iwa K ingin memberikan tongkat estafet skena hip hop kepada RamenGvrl.

"RamenGvrl thank you for making hip hop still alive," ucap Iwa K sambil berpelukan dengan RamenGvrl di atas panggung usai menyelesaikan sebuah lagu.

Gading Marten dan Iwa KGading Marten dan Iwa K Foto: Dyah Paramita Saraswati
Setelahnya, mulai lah bergantian, Sweet Martabak dengan 'Tidit', Saykoji dengan 'Online' dan Neo dengan 'Borju', untuk unjuk gigi bergantian. Menurut Iwa K, mereka adalah para pejuang hip hop Indonesia.

"Karena mereka memainkan hip hop nggak cuma ketika hip hop lagi tinggi," tuturnya.

Malam belum berakhir, masih ada kolaborasi dengan Yacko memainkan lagu 'Apa Seeh?'. Di panggung, sang rapper sempat bercerita dirinya dan Yacko sudah lama saling kenal dan pernah bekerja sama pada 2001.

Setelahnya ada juga penampilan dari S.O.B. yang digawangi oleh Gading Marten, DJ Skizo, dan Eno 'Netral'. Malam itu mereka tampil jenaka bersama Iwa K.


Nuansa romantis pun hadir saat Iwa K membawakan 'Ku Ingin Kembali' lengkap dengan hujan confetti berwarna putih. Iwa K juga sempat membagikan merchandise kepada para penonton dengan cara melemparnya.

Tampaknya di sepanjang konser, lagu 'Bebas' dan 'Malam Indah' lah yang paling ditunggu-tunggu. Saat kedua lagu tersebut dibawakan, hampir semua bernyanyi dan berjoget bersama.

Terlebih lagi saat 'Malam Indah' dimainkan, para bintang tamu ikut naik ke atas panggung dan bernyanyi bersama.

Serangkaian aksi panggung dalam konser 'Batman Kasarung' pun ditutup dengan lagu 'Lovely Day' dari Bill Withers yang dibawakan dengan instrumen baru, lengkap dengan sentuhan hip hop.


Berperan sebagai Music Director, Nikita Dompas bisa dikatakan sukses menggabungkan musiknya dengan Iwa K. Meski hip hop adalah hal baru baginya, Nikita tidak serta merta menghilangkan karakternya. Arasemen lagu-lagu yang ada di konser tersebut tak lepas dari nada-nada yang terdengar begitu khas darinya dalam takaran yang pas.

Bukan Iwa K namanya jika tidak selengean. Usai hujan confetti yang mengakhiri lagu penutup, Iwa K pun berteriak, "Gue sayang banget sama kalian semua!"

Apabila konser ini diibaratkan dengan sebuah benda, maka penampilan Iwa K cs adalah sebuah buku cerita yang merangkum perjalanan dan naik-turun karier Iwa K selama 25 tahun.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui kemeriahan konser 'Batman Kasarung' di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(srs/dar)