DetikHot

music

Gandeng Nikita Dompas, Iwa K Bocorkan Konsep Konsernya Besok

Selasa, 03 Apr 2018 14:36 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Gandeng Nikita Dompas, Iwa K Bocorkan Konsep Konsernya Besok Iwa K dan Nikita Dompas Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Iwa K akan menggelar konser bertujuk '25th Anniversary Concert: Batman Kasarung - Iwa K'. Untuk menyiapkannya, ia bekerja sama dengan Nikita Dompas yang berperan sebagai Music Director.

Kendati selama ini Nikita Dompas lebih dikenal sebagai musikus jazz, Iwa K mengaku tidak ada kesulitan berarti dalam mencocokan jenis musik yang diusungnya dengan yang biasa Nikita mainkan.

Justru, kolaborasi antara dirinya dan Nikita Dompas disebutnya sebagai kolaborasi yang membangkitkan semangat musik hiphop yang sebenarnya.

"Sebenernya hip hop itu sendiri ya, itu kan spiritnya eklektik banget. Dia ingin nyatuin beberapa unsur yang berbeda dari budaya urban. Jadi emang berangkat dari situ, gue memang ingin ambil spiritinya hip hop," ungkap Iwa K kepada detikHOT, baru-baru ini.


"Jadi orang nggak melulu, hiphop tuh yang diambil dari luar seperti ini ya, nggak fashion aja, tapi ya emang spiritnya adalah hiphop emang eklektik. Jadi emang kolabo-kolabo antara tradisi urban dengan tradisi hiphop, nah tradisi-tradisi ini gue simbolin dengan Niki, dia berbeda genre," terangnya lagi.

Pertemuan antara Iwa K dan Nikita Dompas dalam konser tersebut sebenarnya terjadi atas campur tangan 'perjodohan' dari pihak promotor. Akan tetapi sebenarnya keduanya sudah saling mengenal sejak kurang-lebih lima tahun lalu.

Saat itu Nikita Dompas mengerjakan proyek musik Andien yang tengah berkolaborasi dengan Iwa K untuk lagu 'Ku Ingin Kembali'.

"Gue inget banget waktu itu gue sama Andien di (lagu) 'Ku Ingin Kembali' itu enak banget. Itu jadi emang dibilang MD-nya Nikita Dompas ya, jalan deh," kata Iwa K.


Sedangkan bagi Nikita Dompas, tawaran menjadi Music Director untuk konser Iwa K adalah sebuah kebetulan yang dirancang semesta. Pasalnya, saat tawaran itu datang, Nikira tengah banyak mendengarkan lagu-lagu hiphop.

"Gue selalu menggambarkan diri gue sebagai universe server gitu. Jadi kalau kemana-mana, ketemu orang yang frekuensinya sama gitu, kaya misalnya gue lagi dengerin ini, kayanya universe lagi berlaku deh nge-ketemuin dengan project-project yang, ini kan buat gue jd kaya mengkonfirmasi dan memperkaya apa yang lagi gue dengarkan. Jadi kebetulan juga nggak, cuma gue niatin, gue lagi pengen dengerin ah," tutur Nikita.

Iwa KIwa K Foto: Asep Syaifullah
Mengaku menjajal hal baru dalam kolaborasinya dengan Iwa K, Nikita Dompas mengaku dapat cepat beradaptasi. Sebab jazz dan hiphop masih berada dalam satu akar yang sama.

"Nggak (sulit) juga sih sebenernya, karena kan sebenernya hiphop juga kan banyak ngambil sample musiknya dari musik jazz kan," ujarnya.

Bocoran itu akan lebih banyak diberikan pada Main Stage bersama Iwa K yang akan tayang besok, Rabu (4/4). Jadi simak terus update-nya di detikHOT!
(srs/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed