detikHot

music

Kasus Dugaan Plagiarisme Lana Del Rey vs Radiohead Dianggap Selesai

Selasa, 27 Mar 2018 16:42 WIB Dicky Ardian - detikHot
Lana Del Rey Foto: Getty Images Lana Del Rey Foto: Getty Images
Jakarta - Kasus dugaan plagiarisme Lana Del Rey dengan Radiohead dianggap sudah selesai. 'Get Free' yang disebut Radiohead meniru 'Creep' sudah bisa ia bawakan lagi.

Dilaporkan Variety, Lana Del Rey sudah bisa menyanyikan lagu tersebut lagi di panggung. Bahkan 'Get Free' bisa ia masukkan ke dalam album barunya, 'Lust for Life'.

"Sekarang gugatan saya telah berakhir, saya kira, saya bisa menyanyikan lagu itu kapan pun saya mau," ujar Lana Del Rey.


Sayangnya, Lana Del Rey tidak menjelaskan kelanjutan gugatan yang dilayangkan Radiohead. Hingga saat ini juga belum ada pernyataan dari Radiohead.

Sebelumnya, Radiohead dikabarkan menganggap 'Get Free' hasil jiplakan dari hits milik mereka, 'Creep'. Lana Del Rey bahkan sempat menghapus lagu itu dari albumnya.


Radiohead melului publisher musiknya mengeluarkan pernyataan sekaligus membenarkan jika pihaknya telah bernegosiasi mengenai hak cipta dengan Lana Del Rey. Dalam keterangan tersebut, mereka juga membantah adanya pernyataan dari Radiohead mengenai permintaan untuk dibayarkannya royalti sebanyak 100 persen.

"Selaku publisher musik dari Radiohead, hal tersebut benar adanya bahwa kami tengah mencoba berdiskusi dengan perwakilan dari Lana Del Rey sejak Agustus (2017). Sangat jelas bahwa beberapa bait dari 'Get Free' menggunakan elemen yang ada di dalam 'Creep' dan kami meminta pemberitahuan pada semua penulis 'Creep'. Untuk meluruskan, belum ada laporan hukum dan tuntutan yang pihak kami buat dan Radiohead tidak pernah mengatakan hanya akan setuju bila mendapat royalti 100 persen dari 'Get Free'," ungkapnya di Stereogum.
(dar/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com