DetikHot

music

Jokowi Ingin Musik Jadi Pemersatu Bangsa

Jumat, 23 Mar 2018 15:25 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Jokowi Ingin Musik Jadi Pemersatu Bangsa Pertemuan para musisi dengan Joko Widodo. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Selain menyoal tata kelola musik yang harus dikerjakan pertama kali, Presiden Joko Widodo dan para musisi serta pemangku kepentingan lainnya yang bertandang ke Istana, juga membicarakan poin-poin lainnya.

Salah satu yang dibicarakan adalah soal Rancangan Undang-Undang (RUU) Musik. Selain itu, ada juga pesan Jokowi agar musik bisa menjaga kerukunan.

"(Selain tata kelola), banyak, tentang bagaimana musik itu harus dijaga sebagai elemen toleransi, harmonisasi, kerukunan kita, dengan musik itu, bahkan ada Undang-Undang Kemajuan budaya, sebetulnya Undang-Undang Kemajuan Budaya juga sudah cukup baik untuk bisa mendukung jiwa dari budaya musik nasional ini. Nanti juga sedang dibicarakan ke depannya RUU musik ya," ungkap Triawan Munaf kepada detikHOT saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (23/3/2018).


Menurutnya, RUU Musik telah menjadi salah satu hal yang banyak pelaku musik harapkan. Dengan hadirnya Undang-Undang soal musik, nantinya para musikus dan pelaku lainnya akan memiliki payung hukum yang jelas.

"Ini yang sedang diharapkan oleh beberapa pihak agar musik bisa punya payung hukumnya," tuturnya.

Namun, Triawan menambahkan, untuk saat ini perhatian pemerintah masih berfokus pada urusan tata kelola dan royalti.

"Tapi sekali lagi, tata kelola musik project Porta Mento (proyek aplikasi yang akan mendata para penulis lagu) ini lah yang harus kita realisasikan," tegas Triwan.
(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed