DetikHot

music

Heboh 'Sayang' Via Vallen Mirip Lagu Musisi Jepang

Jumat, 23 Mar 2018 14:08 WIB  ·   Dicky Ardian - detikHOT
Heboh Sayang Via Vallen Mirip Lagu Musisi Jepang Via Vallen Foto: Noel/detikHOT
Jakarta - Selalu ada cerita lain di balik sebuah lagu yang fenomenal. Kali ini, 'Sayang' yang dibawakan Via Vallen disebut terdengar begitu mirip dengan lagu Jepang.

Adalah lagu 'Mirai e' yang disebut begitu mirip dengan 'Sayang'. Lagu itu merupakan hasil rilisan Kiroro pada Juni 1998.

Jika didengarkan, kedua lagu tersebut memang benar-benar mirip. Kedua lagu itu bahkan disebut memiliki notasi yang sama.


Diketahui setelahnya, 'Mirai e' kemudian dinyanyikan oleh musisi asal Taiwan, Rene Liu. Ia merilisnya pada Juni 2012.

Jika mungkin Rene Liu memiliki izin sah untuk membawakan ulang lagu tersebut, bagaimana dengan Via Vallen?

Dari CNNIndonesia.com, lagu itu ternyata dibawa pertama kali ke Indonesia oleh Antonius Sutanto alias Anton Obama. Ia membawa notasi lagu tersebut, tapi tidak dengan lirikinya. Anton Obama kemudian memberi judul 'Tresno Abadi' (Cinta Abadi) untuk lagu itu.

[Gambas:Youtube]


Yang menarik Anton Obama ternyata sama sekali tidak meminta izin mengambil nada 'Mirai e'. Bahkan ia tidak tahu jika lagu tersebut awalnya dinyanyikan oleh Kiroro.

"Saat itu saya mengambil notasi dari lagu berjudul Hou Lai yang dinyanyikan Rene Liu, musisi Mandarin. Saya enggak tahu kalau sebenernya itu lagu 'Mirai e'," kata Anton.

Akhirnya, notasi itu begitu familiar di telinga penikmat musik di Jawa Tengah. Salah satu personel NDX AKA, grup hip hop yang awalnya disebut sebagai pemilik lagu 'Sayang', juga mengaku tidak tahu dari mana asal lagu tersebut.


Bersama grup musiknya, Yonanda hanya menyanyikannya, tanpa memikirkan soal hak cipta. Mereka kemudian menambahkan lirik rap di lagu tersebut.

"Tahun 2013 kami menyanyikan lagu Sayang dengan tambahan lirik di bagian rap. Kami hanya ambil bagian reff yang diciptakan Anton, bagian rap kami yang ciptakan," aku Yonanda.

Sedangkan Via Vallen lewat Ascada Musik mengaku tidak ada masalah mengenai hak cipta. Menurutnya tidak ada yang dilanggar, sebab pihaknya sudah mengantongi izin dari publishing lagu 'Mirai e'.

[Gambas:Video 20detik]




(dar/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed