DetikHot

music

Lama Tak Terdengar, Waldjinah 9 Bulan Sempat Tak Bisa Bangun dari Tempat Tidur

Selasa, 13 Mar 2018 20:16 WIB  ·   Desi Puspasari - detikHOT
Lama Tak Terdengar, Waldjinah 9 Bulan Sempat Tak Bisa Bangun dari Tempat Tidur Foto: Waljinah / Desi P.
Jakarta - Lama tak terdengar kabarnya, penyanyi keroncong Waldjinah ternyata kondisi kesehatannya sempat terganggu. Waldjinah bahkan sempat tak bisa bangun dari tempat tidur.

Ditemui dalam peluncuran keyboard PSR-S975 dan PSR-S775 di gedung Yamaha Musik, Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (13/3/2018), Waldjinah tampak datang menggunakan kursi roda. Memakai kerudung hitam, bersama dengan anak dan mantunya, perempuan berusia 72 tahun itu terlihat sangat ramah.

Ari, anak keempat yang mendampinginya menceritakan kondisi sang ibu saat ini memang jauh lebih baik. Tak seperti beberapa tahun lalu, penyanyi yang populer dengan lagu Walang Kekek itu berjuang melawan sakit di perutnya.



"Waktu itu 9 bulan hampir nggak bisa turun dari tempat tidur. Soalnya kalau dahar itu bangun, keluar lagi, dahar keluar lagi. Asupannya itu cuma susu sama air putih," cerita Ari.

"Baru satu tahun belakangan ini akhirnya bisa bangun. Setelah diterapis di daerah Sukoharjo. Akhirnya masuk dahar lagi. Waktu itu ibu kurus banget," lanjutnya.

Dia menceritakan sang bunda yang sangat aktif sebagai penyanyi keroncong itu melawan sakitnya sejak tahun 2013. Terakhir, Februari tahun 2017 Waljinah harus menjalani perawatan intensif.

"Yang di Indoskopi ada gangguan pencernaannya, karena mungkin ibu sering berkebaya pakai stagen. Waktu dulu kan stagennya rapet banget. Kalau sudah pakai stagen itu kan makan saja sudah nggak mau, kalau sudah pakai kebaya itu kan sudah nggak mau. Kalau wayangan kan naik jam 8 malam jam 3 atau jam 4 pagi baru turun. Jadi itu ada sedikit apa ya usus ini ada gesek-gesekan," ungkap anak keempat Waljinah itu.

"Alhamdulillah setelah itu membaik-membaik. Kemarin juga ada gangguan sedikit sama jantungnya, sekarang sudah membaik," pungkasnya.

Kini, kegiatan Waljinah memang tak sepadat dulu. Ibu dari lima orang anak itu kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah ataupun di sanggar.

"Di rumah aja. Kalau sanggar tetap, kalau ibu mau latihan ya latihan, kadang ibu mau kemana ya kemana main," kata Ari soal kegiatan sang bunda.


(pus/kmb)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed