DetikHot

music

Konferensi Musik Indonesia 2018 Perdana Digelar di Ambon

Kamis, 08 Mar 2018 13:37 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Konferensi Musik Indonesia 2018 Perdana Digelar di Ambon Konferensi Musik Indonesia 2018 Foto: Hanif Hawari
Ambon - Konferensi Musik Indonesia (KAMI) untuk pertama kalinya digelar di Kota Ambon, Maluku. Dengan mengusung tema 'Raya Nada untuk Indonesia' acara berlangsung selama tiga hari pada tanggal 7-9 Maret 2018.

Pembahasan yang dibicarakan seputar kemajuan industri musik kedepannya yang juga akan melibatkan pelaku musik dan juga pemerintah. DetikHOT pun mendapat kesempatan untuk mengikuti serangkaian acara tersebut.

"Intinya ini konferensi musik. Mempertemukan semua selintas stakeholder dalam ekosistem musik selama tiga hari, dari tanggal 7, 8, 9. Dan ini hal yang baru pertama kali Indonesia mempertemukan ekosistem musik dan pemerintah duduk bersama membicarakan tentang ekosistem musik Nasional," ungkap Glenn Fredly, selaku penggagas dan juga Ketua Komite KAMI di Taman Budaya, Ambon, Maluku, kepada detikHOT Kamis (8/3/2018).


Musisi yang terlihat hadir pun diantaranya ada Tulus, Yura Yunita, Endah N Rhesa, Ikang Fawzi, Damon Kuswoyo, dan masih banyak yang lainnya.

Glenn pun melanjutkan, pemilihan Kota Ambon untuk melangsungkan konferensi musik rupanya mempunyai tujuan. Pelantun 'Terserah' itu berharap nantinya, kota yang akrab disapa dengan Ambon Manise itu bisa menjadi Kota Musik di dunia yang terdaftar pada UNESCO.

Konferensi Musik Indonesia 2018Konferensi Musik Indonesia 2018 Foto: Hanif Hawari
"Karena Ambon akan menuju kota musik dunia tahun 2019 by UNESCO. Yang didaftarkan oleh Badan Ekonomi Kreatif. Tahun depan pengumuman," katanya.

Salah satu program yang dibahas saat konferensi musik itu adalah masalah kesejahteraan musikius. Aplikasi video karaoke online, Mydio tidak ingin ketinggalan. Mydio Sing telah meluncurkan programnya yang pertama kali di dunia, yaitu mulai membangun ekosistem musik yang baik di Indonesia melalui Musicpreneurship.

Musicpreneurship adalah program yang berusaha memberikan penghasilan tambahan bagi musikus atau penyanyi atau pencipta di luar royalti yang mereka juga akan terima secara adil dan transparan.

Setiap musikus dengan Musicpreneurshipdi aplikasi ini akan dengan mudah menjadi enterepreneur tanpa mereka harus meninggalkan dunia seninya untuk berkarya. Mereka akan mendapatkan Referral Fee dari setiap pihak yang subscribe di aplikasi ini. Penghasilan dari royalti yang mereka terima secara adil dan transparan.

Tak hanya konferensi musik, KAMI juga mengadakan loka karya dan juga festival musik sebagai acara puncaknya. Bahkan, presiden Joko Widodo rencananya akan hadir saat agenda terakhir itu. Saat pembacaan hasil konferensi dan peluncuran radio anak Indonesia, sekaligus merayakan Hari Musik Indonesia yang pertama pada 9 Maret 2018.
(hnh/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed