detikHot

music

Ada Kendala Teknis, Goo Goo Dolls Tetap Ngerock di Java Jazz 2018

Senin, 05 Mar 2018 01:11 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Hanif Hawari Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Salah satu penampil paling ditunggu di BNI Java Jazz Festival 2018, Goo Goo Dolls, akhirnya tampil. Band rock asal Amerika Serikat tersebut menyapa para penggemarnya di BNI Hall, Hall D2, JI Expo Kemayoran, Minggu (4/3/2018).

Setelah lampu padam, para personel pun naik ke atas panggung. Sinar lampu hijau menghiasi panggung, tanpa basa-basi, mereka langsung menggeber penonton dengan lagu pertama 'Over & Over'.

Aksi panggung Goo Goo Dolls puaskan penggemarnya di Java Jazz Festival 2018.Aksi panggung Goo Goo Dolls puaskan penggemarnya di Java Jazz Festival 2018. Foto: Hanif Hawar


Goo Goo Dolls menggeber pendengarnya lagi dengan lagu 'Big Machine'.

"Baiklah, mari kita mulai," kata vokalis John Rzeznik sesaat sebelum mengawali lagu 'Slide'. Sontak para penonton pun bersorak. Sejumlah penonton juga ikut menyanyi di bagian refrain lagu.

"Saya ingin kalian semua bahagia malam ini!" ungkap John Rzeznik lagi sebelum mereka membawakan lagu 'Rebel Beat'. Bagaikan hafal semua liriknya, para penonton pun ikut menyanyi dari awal hingga akhir lagu.

Ada Kendala Teknis, Goo Goo Dolls Tetap Ngerock di Java Jazz 2018Foto: Hanif Hawari

Penonton di barisan depan terlihat makin liar ketika lagu 'Here is Gone' dibawakan. Ada yang melompat kecil dan ada pula yang mengangkat tangannya.

Sorakan hampir selalu mengawali semua intro lagu yang dimainkan oleh mereka, begitu pula tepukan tangan yang selalu hadir di setiap akhir lagu.

Meski ruangan BNI Hall tidak terasa sepadat dua pertunjukan special show sebelumnya, namun pertunjukan Goo Goo Dolls tampaknya dihadiri para penggemar sejati. Para penonton merapat ke depan panggung dan larut di hampir di setiap lagu.

Selepas membawakan lagu 'Black Balloon', para personel memohon untuk pamit sejenak. Tak berapa lama kemudian, sang vokalis kembali.

"Saya meminta maaf karena ada sesuatu yang rusak, saya benar-benar minta maaf karena kami tidak membayangkan ini akan terjadi. Tapi kami tidak ingin membuat kalian menunggu terlalu lama," ujarnya. Para penonton pun memberika dukungan dengan bertepuk tangan.

"Senang bertemu kalian, kalian sangat baik," ucapnya setelah mendengar respons positif dari para penonton. Sebuah lagu berjudul 'Symphaty' pun dibawakan secara akustik.

Kendala teknis tak membuat penampilan Goo Goo Dolls menurun.Kendala teknis tak membuat penampilan Goo Goo Dolls menurun. Foto: Hanif Hawari

Usai lagu, tampaknya kerusakan tersebut telah berhasil diperbaiki. "Kami siap sekarang," katanya lagi.

Sebelum memulai lagunya, sang vokalis juga meminta maaf karena tidak bisa berbicara dengan bahasa Indonesia. "Aku harap aku tidak menyinggung kalian dengan tidak berbicara dalam bahasa kalian," ungkapnya.

Aksi panggung pun berlanjut. Mungkin penampilan seperti yang disuguhkan Goo Goo Dolls menjadi tontonan yang jarang terjadi di panggung festival musik jazz, yaitu raungan distorsi gitar berpadu dengan dentuman drum.

Pada pertunjukannya malam ini, Goo Goo Dolls juga membawakan 'Bringing on The Light' dan 'So Alive'. Sayangnya gangguan teknis kembali terjadi, namun penonton kembali memberi dukungan dengan meneriakan lirik lagu 'Iris' hingga sang vokalis tertawa.

Lagu 'Name' pun dimainkan oleh band yang terbentuk di Buffalo, New York pada 1986 tersebut. John Rzeznik mengatakan, lagu tersebut memiliki sejarah dan salah satu lagu yang banyak diputar di radio pada masanya.

"Saya menuliskan lagu ini untuk istri saya," ujarnya sebelum membawakan 'Come To Me' yang berlirik manis. Diikuti dengan dimainkannya 'Already There' dan 'Free of Me' setelahnya.

Goo Goo Dolls, You're Rock!Goo Goo Dolls, You're Rock! Foto: Hanif Hawari

"Lagu ini untuk kalian semua, teman-teman," tutur vokalis diikuti dengan dimainkannya lagu 'Better Days'. Goo Goo Dolls pun kemudian masih berenergi untuk menggeber penonton dengan lagu 'Broadway', di hampir akhir, sang vokalis memain kan harmonika dan melemparnya kepada penonton setalahnya.

Bisa ditebak, 'Iris' menjadi lagu yang paling dinanti oleh para penonton. Saat intro lagu tersebut dimainkan, penonton bergerak mendekat ke depan panggung dan menyiapkan ponsel untuk mengabadikan momen tersebut.

Benar saja, ketika 'Iris' dibawakan, bagai paduan suara para penonton kompak menyanyi bersama. Tepuk tangan panjang pun mengakhiri lagu tersebut.

Saat para personel turun panggung, para penonton pun berteriak, "We want more! We want more!"

Sesaat para personel Goo Goo Dolls kembali ke atas panggung. "Terima kasih untuk malam yang sangat menyenangkan, kami sungguh berharap dapat bertemu kalian semua lagi. Ini waktunya kita pulang tapi mari lakukan lagi!" serunya.

Lagu 'Give a Little Bit' pun menjadi penutup yang sukses membuat tepukan tangan dan sorakan panjang kembali terdengar.

Terlepas dari permasalahan teknis, penampilan Goo Goo Dolls malam ini menjadi sesuatu yang menyenangkan sekaligus berkesan di benak para penggemarnya.




(srs/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com